Kemarin, Wali Kota Risma kesal hingga Masjid Istiqlal masih tutup

id Tri Rismaharini,Wali Kota Surabaya,Masjid Istiqlal,COVID-19,Bekasi,Rumah Ibadah,Penyekatan Lalu Lintas,Jalur Pantura,Hari Lanjut Usia,Pandemi COVID-19

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini saat memberikan keterangan pers seputar dua mobil laboratorium bantuan dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang dialihkan ke daerah lain saat di Balai Kota Surabaya, Jumat (29/5/2020). (FOTO ANTARA/HO-Humas Pemkot Surabaya)

Jakarta (ANTARA) - Sejumlah berita bidang humaniora kemarin menjadi perhatian banyak pembaca mulai dari Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini yang menyesalkan pengalihan mobil laboratorium bantuan Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 ke daerah lain hingga Masjid Istiqlal masih tutup menjelang normal baru.

1. Wali Kota Surabaya sesalkan mobil laboratorium dialihkan

Wali Kota Surabaya Tri Rismaharini menyesalkan dua mobil laboratorium dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang sedianya diperbantukan khusus untuk Kota Surabaya, ternyata dialihkan ke daerah lain oleh Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Jawa Timur.

"Temen-temen lihat sendiri kan, ini bukti permohonan saya dengan Pak Doni (Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo). Jadi ini saya sendiri yang memohon kepada beliau. Kasihan pasien-pasien yang sudah menunggu," kata Risma sambil menunjukkan obrolannya di WhatsApp dengan Doni di Balai Kota Surabaya, Jumat (29/5).

2. Istiqlal belum gelar shalat Jumat jelang normal baru

Kepala Bagian Protokol Masjid Istiqlal Abu Hurairah mengatakan pihaknya belum menggelar shalat Jumat di tengah wacana penerapan normal baru, salah satunya relaksasi penutupan rumah ibadah.

"Istiqlal masih tutup," kata Abu saat dikonfirmasi dari Jakarta, Jumat (29/5), terkait shalat Jumat.

3. Bekasi izinkan kegiatan berjamaah di rumah ibadah

Pemerintah Kota Bekasi, Jawa Barat mengizinkan masyarakat melakukan kegiatan ibadah berjamaah di rumah ibadah baik masjid, mushala, maupun rumah ibadah bagi pemeluk agama non Muslim di wilayahnya.

"Sudah diperbolehkan, termasuk Shalat Jumat berjamaah nanti tapi tetap harus mengacu protokol kesehatan COVID-19," kata Wali Kota Bekasi Rahmat Effendi di Bekasi, Jumat (29/5).

4. Hari Lanjut Usia diperingati secara virtual di tengah pandemi

Kementerian Sosial memperingati Hari Lanjut Usia Nasional (HLUN) ke-24 pada 29 Mei 2020 secara virtual di tengah pandemi COVID-19.

"Di tengah pandemi COVID-19, peringatan HLUN tahun ini perlu memperhatikan prosedur physical distancing dengan tetap di rumah, mekanismenya menggunakan komunikasi virtual dan jeli dalam pemanfaatan sosial media tanpa mengurangi esensi, tetapi tetap dilakukan secara masif," kata Direktur Jenderal Rehabilitasi Sosial Kementerian Sosial Harry Hikmat di Jakarta, Jumat (29/5).

5. Penyekatan kendaraan arus balik di jalur Pantura diperketat

Hari keempat setelah lebaran, Polres Pekalongan, Jawa Tengah, Kamis ( 28/5) kembali meningkatkan pengawasan dan penyekatan terhadap kendaraan roda empat bernomor luar kota yang hendak menuju ke arah DKI Jakarta.

Pengetatan tersebut sesuai dengan protokol kesehatan dan kebijakan pemerintah di masa PSBB yang saat ini masih berlangsung di sejumlah daerah.*

Pewarta : Dewanto Samodro
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar