Pasien positif COVID-19 di Situbondo meninggal

id COVID-19 Situbondo, Positif di Situbondo

Sebaran pasien COVID-19 di Kabupaten Situbondo. (Novi Husdinarianto)

Situbondo (ANTARA) - Satu pasien terkonfirmasi positif terinfeksi Corona Virus Diease 2019 atau COVID-19 di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Jumat siang, meninggal dunia setelah beberapa hari menjalani penanganan medis di Rumah Sakit Elizabeth Situbondo.

"Iya benar, hari ini seorang pasien positif COVID-19 yang dirawat di RS Elizabeth meninggal dunia. Kami bagi tugas bersama Pak Abu Bakar Abdi (jubir penanganan COVID-19), beliau saat ini ke rumah sakit untuk menyiapkan protokol pemakaman pasien," kata salah satu Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Situbondo Dadang Aris Bintoro saat dihubungi di Situbondo, Jumat.

Baca juga: ODP di Situbondo berkurang jadi 78 orang

Dengan demikian, katanya, hingga 29 Mei 2020, pasien COVID-19 yang telah meninggal dunia menjadi dua orang. Pasien corona meninggal dunia hari ini, yakni seorang pria berinisial A (56), warga Desa Tenggir, Kecamatan Panji.

Sementara itu, Abu Bakar Abdi yang juga Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Situbondo mengatakan bahwa pasien inisial A yang meninggal dunia itu selama ini dirawat di RS Elizabeth dengan gejala sesak nafas.

Baca juga: Mahasiswa asal Situbondo tiba dari China dalam kondisi sehat

"Dari RS Elizabeth, jenazah yang bersangkutan dibawa dulu ke forensik di RSUD dr Abdoer Rahem, dan selanjutnya baru dibawa ke pemakaman. Tentu dalam pemakamannya menerapkan protokol penanganan COVID-19," katanya.

Informasi yang diperoleh, pasien berinisial A ini mengembuskan nafas terakhirnya pada Jumat siang dan yang bersangkutan merupakan pasien COVID-19 dari Klaster Masjid Baitur Rahman Desa Olean, Kecamatan Kota Situbondo.

Baca juga: PMI tingkatkan operasi penanggulangan COVID-19 di Jatim

Sebelumnya, pada Jumat (22/5) seorang perempuan yang sedang hamil tujuh bulan pasien juga diketahui positif corona (sebelumnya berstatus PDP) meninggal dunia setelah sempat dirawat beberapa hari di RSUD dr Abdoer Rahem Situbondo.

Perempuan berusia 28 tahun yang meninggal dunia itu juga merupakan warga Desa Tenggir, Kecamatan Panji.

Data sebaran COVID-19 Situbondo tercatat ada 20 pasien positif, yakni 11 orang pasien di antaranya sembuh, enam pasien isolasi mandiri, satu orang pasien rawat inap dan dua orang pasien lainnya meninggal dunia.

Baca juga: Tambahan pasien positif COVID-19 di Jatim sebanyak 159 orang

 

Pewarta : Masuki M. Astro/Novi Husdinarianto
Editor: Agus Salim
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar