Tujuh orang saya bilang secara jujur ngerjain banyak hal termasuk saya, kayak nge-set angkat meja, Arya (Arya Ibrahim, produser) juga. Kami bergotong-royong lah
Jakarta (ANTARA) - Reza Rahadian harus menyelesaikan syuting untuk miniseri "Sementara, Selamanya" di tengah pandemi COVID-19, namun ia, sebagai sutradara, menyiasatinya dengan hanya melibatkan sedikit orang.

Reza mengatakan jumlah seluruh kru yang terlibat dalam pembuatan miniseri ini hanya tujuh orang dan tidak semua orang berada dalam lokasi. Pada saat produksi juga tidak menggunakan alat-alat berat seperti yang biasa dilakukan pada syuting layar lebar.

Baca juga: Festival Film Venice tetap berjalan sesuai rencana

Baca juga: Jelang Ramadhan, bagaimana produksi sinetron religi di tengah corona?


"Tidak semua orang perlu ada di set maka kita bergantian, kayak misal setting ruang tamu, hanya tiga orang aja. Tidak ada alat-alat besar, penumpukan mobil, tidak ada keramaian," kata Reza dalam jumpa pers virtual miniseri "Sementara, Selamanya", Jumat.

"Tidak ada lampu besar yang biasa dipakai di film, tidak ada mobil kru. Memang itu pilihan yang dengan berat hati kami ambil. Tujuh orang saya bilang secara jujur ngerjain banyak hal termasuk saya, kayak nge-set angkat meja, Arya (Arya Ibrahim, produser) juga. Kami bergotong-royong lah," lanjutnya.

Proses syuting "Sementara, Selamanya" dilakukan hanya dalam tiga hari untuk enam episode. Dalam sehari, Reza melakukan syuting untuk dua episode.

"Banyak orang yang merangkap berbagai job gitu. Jd emang kayak gitu, itulah saya bilang kenapa ini adalah dream team. Nah tidak mudah mencari orang-orang seperti ini. Banyak hal yang harus diminimalisir tapi mudah-mudahan tidak mengurangi esensi dan estetikanya," jelas pemain film "Habibie & Ainun" ini.

Sebagai sutradara, Reza pun mendapat banyak tantangan, terlebih dalam hal mengatur jalannya proses syuting di tengah pandemi,

"Tantangannya adalah bagaimana ketika mulai pertama kali di tengah pandemi. Ini proses yang sangat menantang, ritmenya bagaimana, apa yang harus diminimalisir dan saya baru ngerasain kerja jadi sutradara dan pemain itu seperti apa," ujarnya.

Miniseri "Sementara, Selamanya" bercerita tentang tentang Saka (Reza Rahadian) dan Zara (Laura Basuki), sepasang suami istri, yang memutuskan tinggal terpisah sementara karena Zara bertugas sebagai dokter yang menangani pasien COVID-19. Panggilan video menjadi 'penyelamat' pernikahan mereka, satu-satunya cara untuk membuat semua yang abnormal ini terasa normal.

Serial ini dibintangi oleh Reza, Laura Basuki, Christine Hakim dan Ruth Marini. "Sementara, Selamanya" mulai tayang pada 6 Juni 2020 dan tiap episodenya dirilis tiap Sabtu dan Minggu.

Baca juga: "Sementara, Selamanya", debut Reza Rahadian sutradarai miniseri

Baca juga: Pemerintah siapkan langkah bantu pekerja seni terdampak pandemi corona

Baca juga: Podcast "Mau Gak Mau" akan ramaikan bulan Ramadhan

Pewarta: Maria Cicilia
Editor: Suryanto
Copyright © ANTARA 2020