Senator AS berusaha hukum China karena Hong Kong

id partai republik,partai demokrat,senator,sanksi china,hong kong

Ilustrasi - Sebuah gambar video di Ruang Senat di US Capitol, Washington, Amerika Serikat. ANTARA/REUTERS/U.S. Senate TV/Handout via Reuters/ama/cfo.

Washington (ANTARA) - Senator dari Partai Republik dan Partai Demokrat di Amerika Serikat mengatakan pada Kamis (21/5) bahwa mereka akan mengajukan rancangan undang-undang untuk menjatuhkan sanksi kepada para pejabat China karena melanggar kemerdekaan Hong Kong.

Beijing akan memberlakukan undang-undang keamanan baru di wilayah bekas jajahan Inggris itu.

RUU itu, yang akan diajukan oleh Senator Republik Pat Toomey dan Demokrat Chris Van Hollen, juga akan menjatuhkan sanksi sekunder pada bank yang melakukan bisnis dengan entitas yang terbukti melanggar undang-undang jaminan otonomi Hong Kong.

Seorang pejabat China mengatakan pada bahwa China akan memberlakukan undang-undang keamanan nasional baru di Hong Kong setelah kerusuhan prodemokrasi tahun lalu.

Rencana pemberlakuan undang-undang keamanan nasional baru di Hong Kong membuat Presiden Donald Trump bereaksi sangat keras.

"Undang-undang yang didukung oleh Partai Republik dan Partai Demokrat ini akan menjatuhkan hukuman serius bagi mereka yang berupaya melucuti otonomi Hong Kong," kata van Hollen dalam sebuah pernyataan.

Anggota Kongres dari kedua belah pihak telah mengambil tindakan yang lebih agresif terhadap China. Sementara itu, Presiden Donald Trump meningkatkan perang kata-kata dengan Beijing mengenai tanggung jawab atas pandemi global virus corona.

Sumber: Reuters

Baca juga: AS peringatkan China terkait UU keamanan nasional baru di Hong Kong

Baca juga: Ketegangan AS, China terkait COVID-19 meningkat dalam pertemuan DK PBB

Baca juga: AS, China mungkin dukung evaluasi independen atas penanganan COVID-19


Grup hotel internasional di China kembali beroperasi


Pewarta : Azis Kurmala
Editor: Tia Mutiasari
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar