Selalu saja ada yang dimakamkan sehingga baju hazmat ini benar-benar kami perlukan
Surabaya (ANTARA) - Para petugas pemakaman atau tukang gali kubur di Tempat Pemakaman Umum (TPU) Keputih, Kota Surabaya, menerima bantuan alat pelindung diri (APD) berupa baju hazmat dari komunitas #BergerakDariRumah.

"Kami selalu siap 24 jam setiap hari di TPU. Selalu saja ada yang dimakamkan sehingga baju hazmat ini benar-benar kami perlukan," kata petugas UPTD TPU Keputih, Munajih di Surabaya, Jumat.

Baca juga: Komunitas TurunTangan berbagi makanan buka puasa untuk petugas TPU

Munajih berharap dengan adanya bantuan baju hazmat tersebut, para petugas pemakaman di TPU Keputih Surabaya bisa melaksanakan tugasnya dengan baik dan terhindar dari penularan COVID-19.

Sementara itu, CEO Mahakaam Group Opid Adisuryo mentatakan kegiatan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan #AmbilPeran yang digelar komunitas #BergerakDariRumah.

Baca juga: Petugas lebihkan penggalian makam untuk jenazah pasien COVID-19

Menurut dia, pilihan tertuju kepada petugas pemakaman tidak lain karena mereka termasuk salah satu bagian dari garda depan penanganan jenazah warga yang meninggal akibat COVID-19.

"Dengan semakin pesat peningkatan penderita COVID-19 maka antisipasi melindungi diri dengan APD juga harus ditambah," ujarnya.

Baca juga: Pemprov DKI pastikan petugas pemakaman dibekali APD

Opid mengatakan TPU Keputih merupakan salah satu area pemakaman yang ditetapkan Pemerintah Kota Surabaya sebagai tempat pemakaman jenazah yang terpapar COVID-19.

Tidak hanya itu, lanjut dia, pembagian hazmat ini juga dilakukan di sejumlah puskesmas di Kota Surabaya pada Kamis (21/5). Titik fokus sasarannya adalah puskemas di daerah pinggiran yang kerap kali luput dari perhatian.

Baca juga: Petugas makam TPU Tanah Kusir diwajibkan tes kesehatan ulang

"Agar setiap elemen yang menjadi garda terdepan juga merasa aman ketika melakukan pengabdiannya," kata Opid.

Selain melakukan pembagian hazmat ke TPU Keputih dan sejumlah puskesmas, lanjut dia, dalam beberapa kegiatan sebelumnya Mahakaam Group juga membagikan sembako kepada warga yang terdampak pandemi COVID-19 di Surabaya.

Baca juga: Enam petugas makam TPU Tanah Kusir dirumahkan

 

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Agus Salim
Copyright © ANTARA 2020