Jakarta (ANTARA) - Sebanyak 1.000 orang mengikuti uji cepat (rapid test) COVID-19 gratis yang digelar oleh Organisasi Aksi Solidaritas Era (OASE) Kabinet Indonesia Maju, di Puri Ardhya Garini, Pangkalan Udara TNI AU Halim Perdananakusuma, Jakarta Timur, Sabtu.

"Tentunya pemeriksaan ini bentuk nyata kepedulian OASE dan Dharma Pertiwi untuk memutus rantai penularan Covid-19, karena dibutuhkan kesadaran dan kepedulian dari seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga Indonesia dari penyebaran Covid-19 yang lebih luas," kata Kepala RS TNI AU dr Esnawan Antariksa, Kolonel Kesehatan dr Mukti Arja Berlian SpPD, dalam keterangan tertulisnya.

Menurut dia, hari pertama uji cepat gratis yang dihadiri Ketua Umum Dharma Pertiwi, Ibu Nanny Hadi Tjahjanto, bersama dengan beberapa pengurus OASE itu begitu banyak mendapat apresiasi dari masyarakat.

Dalam pemeriksaan memakai metode uji cepat Covid-19, para petugas medis melaksanakan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah. "Adapun prosedur yang dilakukan jika hasil memberi reaksi, maka segera dilakukan uji usap memakai metode PCR di RSAU Esnawan Antariksa," kata Berlian.

Selain melakukan uji cepat, OASE juga membagikan vitamin untuk meningkatkan imun tubuh.

Pewarta: Syaiful Hakim
Editor: Ade P Marboen
Copyright © ANTARA 2020