setiap posko telah disiagakan sejumlah alat berat seperti excavator, frader, dump truck, tronton, box culvert, jembatan bailey dan bronjong.
Palembang (ANTARA) - Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional V Palembang, Sumatera Selatan, mendirikan 17 posko yang tersebar di jalan lintas timur, jalan lintas tengah, dan jalan penghubung dan metropolitan untuk memastikan kelancaran jalur logistik selama pandemi COVID-19.

Kepala Balai Besar Pelaksana Jalan Nasional (BBPJN) V Palembang Kgs Syaiful Anwar di Palembang, Jumat,  mengatakan setiap posko telah disiagakan sejumlah alat berat seperti excavator, frader, dump truck, tronton, box culvert, jembatan bailey dan bronjong.

“Petugas kami juga bersiaga 24 jam di posko, sehingga jika terjadi longsor atau bencana banjir dapat segera diperbaiki,” kata Kgs Syaiful.

Baca juga: BBPJN Wilayah V: Perbaikan jalan di Sumsel terus berlanjut

Ia mengatakan, BBPJN V telah memetakan kawasan yang rawan bencana longsor yakni mulai dari Lahat-Pagaralam-Tanjung Sakti-Batas Bengkulu. Kemudian, Muaraenim-Lahat-Tebing Tinggi.

Saat ini, BBPJN V juga sedang berjibaku memperbaiki kerusakan jalan akibat longsor di kawasan Tebing Tinggi.

“Dengan adanya kontrak pada tahun ini, perbaikan jalan di Tebing Tinggi itu akan dipermanenkan (tidak gunakan dana darurat seperti sebelumnya, red),” kata dia.

Syaiful menambahkan, perbaikan jalan di wilayahnya tetap dijalankan sesuai dengan perencanaan 2020, atau sebelum ada pandemi virus corona.

Baca juga: PUPR pastikan kesiapan infrastruktur dukung jalur logistik selama PSBB

Hanya saja, ia tak menyangkal bahwa pemerintah siap dengan berbagai kemungkinan, termasuk permohonan penundaan penyelesaian pekerjaan oleh para kontraktor terkait pandemi.

“Target tetap sama yakni kemantapan jalan 95 persen hingga akhir 2020, hanya saja dari sisi pendanaan yang berubah. Ada pekerjaan yang seharusnya single year menjadi multiyears,” kata dia.

Perbaikan jalan nasional di wilayah Sumatera Selatan dapat berlangsung pada 2020 ini setelah paket pengerjaan disetujui pemerintah pusat pada 31 Desember 2019. Dalam dua tahun terakhir, selalu gagal kontrak sehingga perbaikan jalan di daerah tersebut hanya menggunakan dana pemeliharaan dan dana darurat.


 

Pewarta: Dolly Rosana
Editor: Nusarina Yuliastuti
Copyright © ANTARA 2020