saat ini jumlah kemiskinan bertambah
Jakarta (ANTARA) - Badan Amil Zakat Nasional (BAZNAS) mengajak masyarakat dari kelas menengah-atas untuk membantu membiayai satu keluarga tidak mampu di sekitarnya guna mengurangi beban ekonomi akibat COVID-19.

"Saat ini jumlah kemiskinan bertambah akibat COVID-19. Tetapi BAZNAS melihat nampaknya ada kelas menengah dan atas yang masih memiliki ruang ekonomi yang lebih baik," kata Ketua BAZNAS Bambang Sudibyo dalam konferensi pers bersama Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 di Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Jakarta, Rabu.

BAZNAS mengajak keluarga yang lebih mampu untuk membantu satu keluarga lain yang kurang mampu agar kebutuhan pangan mereka tercukupi di tengah pandemi COVID-19.

Baca juga: Baznas bantu atasi dampak ekonomi COVID-19 dengan CFW
Baca juga: Baznas-PIP himpun donasi UMKM terdampak COVID-19


BAZNAS juga mengajak umat Islam untuk menyalurkan zakat, infak, sedekah dan dana sosial keagamaan lainnya untuk membantu meringankan beban ekonomi yang dirasakan masyarakat akibat pandemi yang telah menyebabkan krisis di berbagai sektor tersebut.

Selain itu, BAZNAS juga, kata Bambang, akan senantiasa memfasilitasi dan menggerakkan masyarakat untuk peduli dan membantu yang lemah.

Ia menjelaskan, BAZNAS juga menyediakan tenaga dan dukungan untuk membuat setiap zakat, infak dan sedekah dapat disalurkan secara efektif, efisien dan dapat dipertanggungjawabkan.

"Kami meyakini dengan kerja sama pemerintah dan masyarakat kita semua akan mampu menanggulangi krisis ini bersama-sama dengan bergotong-royong," katanya.

Baca juga: Presiden Jokowi dan para menteri tunaikan zakat secara daring
Baca juga: Baznas Pusat berdayakan warga pedalaman Lebak melalui kerajinan
Baca juga: Baznas bersinergi bagikan paket makanan di tengah pandemi COVID-19

Pewarta: Katriana
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020