meminimalisir kontak langsung antara petugas dengan pengguna jalan
Jakarta (ANTARA) - PT Jasa Marga Tbk melalui Jasamarga Tollroad Operator tetap menutup sementara fasilitas top-up tunai di seluruh gerbang tol yang berada di ruas tol Jabodetabek selama Lebaran untuk mencegah penyebaran COVID-19.

"Terkait penutupan top-up tunai, kami sampaikan sekali lagi di ruas tol Jabodetabek penutupan atau peniadaan fasilitas top-up tunai di gerbang-gerbang tol dalam rangka meminimalisir kontak langsung antara petugas dengan pengguna jalan," ujar Direktur Operasi PT Jasamarga Tollroad Operator Yoga Tri Anggoro dalam konferensi pers virtual di Jakarta, Selasa.

Yoga mengatakan bahwa fasilitas top-up tunai di gerbang-gerbang tol di wilayah Jabodetabek ditiadakan, mengingat wilayah tersebut merupakan episentrum COVID-19.

"Kami mengimbau kepada seluruh pengguna jalan, sebelum masuk ke ruas jalan tol untuk terlebih dahulu mengecek atau memastikan ketersediaan saldo kartu e-toll," katanya.

Lebih lanjut dia menjelaskan bahwa terkait terkait dengan peralatan kerja yang sering berkontak langsung dengan pengguna jalan, seperti alat reader selalu dibersihkan oleh Jasa Marga selama satu jam sekali dengan cairan disinfektan.

"Hal tersebut penting dilakukan untuk menjaga kenyamanan dan keamanan para pengguna jalan ketika bertransaksi di gerbang tol," kata Yoga.

Yoga juga menambahkan bahwa pihaknya bersama Corporate Secretary Jasa Marga sudah melakukan imbauan kepada para pengguna jalan tol untuk tidak menempelkan kartu e-toll saat transaksi.

"Dalam hal ini pengguna jalan cukup mendekatkan kartu e-toll dengan jarak satu atau dua centimeter dari alat reader sudah bisa melakukan transaksi tanpa harus menempelkan langsung kartu di gardu tol otomatis," ujar Yoga.

Sebelumnya PT Jasa Marga (Persero) Tbk menutup sementara fasilitas top up tunai di gerbang tol wilayah Jabotabek yang secara aktif diberlakukan sejak Kamis (19/3).

Corporate Communication & Community Development Group Head Jasa Marga, Dwimawan Heru mengatakan bahwa dengan adanya fasilitas top-up tunai masih ada transaksi dengan menggunakan uang tunai dan potensi kontak fisik antara pengguna jalan dengan karyawan operasional Jasa Marga.

PT Jasa Marga (Persero) Tbk melalui anak usahanya PT Jasamarga Tollroad Operator (JMTO) berkomitmen untuk terus meningkatkan langkah antisipasi pengendalian COVID-19, di antaranya adalah dengan menerapkan social distancing secara bertahap termasuk dalam hal aktivitas transaksi tol.

Baca juga: Jasa Marga prediksi lalu lintas pra-Lebaran 2020 turun 62,5 persen
Baca juga: Lebaran, Jasa Marga akan hentikan layanan konstruksi mulai 21 Mei
Baca juga: Jasa Marga catat penurunan arus lalu lintas Jalan Tol Jakarta-Cikampek

Pewarta: Aji Cakti
Editor: Faisal Yunianto
Copyright © ANTARA 2020