Komisi IX DPR-RI apresiasi BPOM bantu PCR ke NTT

id COVID NTT,bantuan pcr ke ntt, anggota dpr, melki lana lena

Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI, Melki Laka Lena. (Antara/ HO-istimewa)

Kupang (ANTARA) - Komisi IX DPR-RI mengapresiasi kepada Balai Pengobatan Obat dan Makanan (BPOM) RI yang telah memberikan bantuan polymerase chain reaction (PCR) untuk pemeriksaan swab COVID-19 dalam penanganan virus Corona baru atau COVID-19 di Provinsi Nusa Tenggara Timur.

"Kami mengapresiasi terhadap BPOM RI yang memiliki kepedulian terhadap penanggulangan COVID-19 dengan memberikan bantuan PCR untuk pemeriksaan swab pasien COVID-19 di NTT," kata Wakil Ketua Komisi IX DPR-RI, Melki Laka Lena ketika dihubungi dari Kupang, Rabu.

Melki mengatakan hal itu terkait adanya bantuan dari BPOM RI kepada NTT berupa satu unit polymerase chain reaction (PCR) ke NTT untuk kepentingan penanganan COVID-19.

Ia mengatakan, proses pemeriksaan swab pasien terduga COVID-19 selama ini dilakukan di luar NTT yaitu di Surabaya atau Jakarta, namun dengan tersedianya fasilitas PCR dan reagen di RSUD W.Z Johannes Kupang maka pemeriksaan swab sudah dapat dilakukan di Kupang, ibu kota Provinsi NTT.

Melki Laka Lena menilai pemberian bantuan PCR merupakan wujud komitmen BPOM RI dalam membantu beberapa pemerintah provinsi yang kini terpapar COVID-19.

"Komitmen BPOM untuk membantu penanganan COVID-19 sudah sering disampaikan dalam berbagai rapat dengan Komisi IX-DPR-RI," tegas Melki Laka Lena.

Melki yang juga merupakan Ketua DPD Partai Golkar NTT mengatakan, sesuai komitmen BPOM RI akan percepat pemberian izin edar berbagai produk yang membantu penanganan COVID-19 sesuai aturan yang berlaku.

Melki berharap alat PCR bantuan BPOM RI dapat digunakan secara optimal oleh pemerintah dan gugus tugas penanganan COVID-19 di provinsi berbasis kepulauan ini.

"Kami mengucapkan terimah kasih terhadap Kepala BPOM RI, Penny Lukito bersama jajarannya yang telah memberikan bantuan PCR untuk Provinsi NTT," tegas Melki Laka Lena.

Baca juga: NTT siapkan pesawat khusus mobilisasi tenaga medis tangani COVID-19

Baca juga: Pemprov NTT alokasikan Rp286 miliar atasi dampak pandemi COVID-19

Baca juga: Pemprov NTT alihkan anggaran ternak babi Rp2miliar, tangani COVID-19

Baca juga: Legislator minta Pemprov NTT percepat penyaluran bantuan sosial

Pewarta : Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Ruslan Burhani
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar