Jakarta (ANTARA) - Informasi berita politik penting yang terjadi pada Sabtu (25/4) masih menarik untuk disimak, mulai dari Presiden Amerika Serikat Donald Trump berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo, Jumat (24/4) malam dan akan menyediakan ventilator untuk penanganan pasien COVID-19 bagi Indonesia, hingga Ketua MPR Bambang Soesatyo memberikan bantuan kesehatan bagi Pemerintah Daerah Purbalingga, Jawa Tengah.

Berikut rangkuman berita selengkapnya yang masih menarik untuk dibaca hari ini.

1. Bicara dengan Jokowi, Trump janji sediakan ventilator untuk Indonesia

Presiden Amerika Serikat Donald Trump mengaku telah berbicara dengan Presiden RI Joko Widodo, Jumat (24/4) malam dan akan menyediakan ventilator untuk penanganan pasien COVID-19, bagi Indonesia.

Informasi itu dibagikan Presiden Trump melalui akun Twitter @realDonaldTrump, yang dikutip di Jakarta Sabtu.

Berikut berita selengkapnya di sini

2. Kasus Ravio, Mahfud: Pembelajaran juga bagi aparat

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD menjelaskan kasus Ravio Patra bisa menjadi pembelajaran bagi aparat kepolisian, di samping pembelajaran buat masyarakat.

"Pelajaran yang kedua tentu kepada aparat, tetapi kita tentu akan menahan diri juga. Kalau tidak ada bukti yang kuat, ya, anggap saja itu sebagai kritik," kata Mahfud melalui video press conference di Jakarta, Sabtu.

Mahfud meminta kasus tersebut menjadi pelajaran bagi aparat kepolisian agar lebih menahan diri untuk tidak menangkap seseorang sampai ada bukti yang kuat.

Berikut berita selengkapnya di sini

3. Beberapa poin penting PSBB yang perlu diperhatikan warga Surabaya

Pemerintah Kota Surabaya mengingatkan warganya untuk memperhatikan beberapa poin penting dalam pelaksanaan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB) berdasarkan Peraturan Wali Kota Surabaya Nomor 16/2020 Tentang Pedoman PSBB di Surabaya, yang mulai diberlakukan pada 28 April hingga 11 Mei 2020.

Koordinator Protokol Komunikasi, Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Surabaya, M Fikser, di Surabaya, Sabtu, mengatakan, Perwali 16/2020 yang sudah ditandatangani Wali Kota Surabaya, Tri Rismaharini, pada 24 April 2020 itu berisi beberapa poin penting dalam upaya pencegahan penularan Virus Corona atau Covid-19 di Surabaya.

Berikut berita selengkapnya di sini

4. Kepala BPIP: Berpuasa itu membangun peradaban

Kepala Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) Yudian Wahyudi menjelaskan beribadah puasa memiliki manfaat dalam banyak aspek yang secara lebih jauh bisa dimaknai sebagai bagian dari membangun peradaban.

"Hikmah puasa ini banyak sekali, dari media banyak, kesehatan, dan seterusnya. Puasa itu menahan diri, 'al imsaku' artinya menahan diri, intinya 'self control'," katanya di Jakarta, Jumat (24/4).

Berikut berita selengkapnya di sini

5. Bamsoet kirim bantuan kesehatan ke Bupati Purbalingga

Ketua MPR RI Bambang Soesatyo melalui Relawan 4 Pilar dan Gerak BS kembali menyalurkan bantuan kesehatan tahap dua ke daerah pemilihan (Dapil) Jawa Tengah VII, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, diterima langsung Bupati Purbalingga Diyah Hayuning Pratiwi di Pendopo Bupati.

Bantuan tersebut berupa 200 APD dan 200 pack alat "rapid test" COVID-19 diterima langsung Bupati Purbalingga.

Berikut berita selengkapnya di sini

Pewarta: Imam Budilaksono
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2020