Kabupaten Kediri alami penambahan 8 orang positif COVID-19

id kasus corona positif tambah,pemkab kediri

Ilustrasi - Hasil tes cepat (rapid test). ANTARA Jatim/dokumen

Kediri (ANTARA) - Pemerintah Kabupaten Kediri, Jawa Timur, menyatakan total pasien positif COVID-19 menjadi 21 orang, dimana sebelumnya 13 kasus positif, sehingga terdapat tambahan delapan orang yang terkonfirmasi positif.

"Terdapat delapan tambahan delapan positif COVID-19, yaitu dua orang warga Desa Paron, Kecamatan Ngasem, tiga orang warga Desa Kwadungan, Kecamatan Ngasem, satu orang warga Desa Kambingan, Kecamatan Pagu, satu orang warga Desa Gampeng, Kecamatan Gampengrejo dan satu orang warga Desa Bobang, Kecamatan Semen," kata Juru Bicara Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Kabupaten Kediri dr Ahmad Chotib di Kediri, Rabu.

Dua orang warga Desa Paron dan satu orang warga Desa Kambingan yang terkonfirmasi positif tersebut memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif asal Desa Kambingan yang sudah meninggal dunia.

Baca juga: Striker Persik Kediri lelang jersey untuk bantu penanganan COVID-19

Baca juga: Pasien COVID-19 Kediri beberkan awal sakit hingga berhasil sembuh


"Demikian juga dengan tiga orang warga Desa Kwadungan, juga memiliki kontak erat dengan pasien terkonfirmasi positif Desa Kwadungan yang sudah meninggal dunia. Kelima warga Kecamatan Ngasem dan satu warga Kecamatan Pagu tersebut saat ini melakukan isolasi mandiri," kata dia.

Sementara itu, untuk kasus Desa Gampeng, Kecamatan Gampengrejo dan Desa Bobang, Kecamatan Semen merupakan klaster baru dan saat ini dirawat RSUD Gambiran Kota Kediri.

"Gugus tugas akan melakukan penelusuran untuk melacak riwayat pasien tersebut," ujar dia.

Pihaknya juga rutin melakukan sosialisasi agar warga menerapkan perilaku hidup bersih, dengan rajin melakukan cuci tangan dan selalu mengenakan masker saat keluar rumah. Warga dianjurkan melakukan jaga jarak fisik (physical distancing).

Sementara itu, terkait dengan alat pelindung diri (APD) untuk tim medis di Kabupaten Kediri juga masih mencukupi. Sejumlah bantuan baik dari pusat maupun bantuan dari relawan dan instansi juga terus berdatangan.

Di Kabupaten Kediri, data per Rabu (22/4) untuk kasus terkonfirmasi positif 21 orang, pasien dalam pengawasan (PDP) 51 orang dan orang dalam pemantauan (ODP) 462.*

Baca juga: OTG di Kediri-Jatim dilakukan tes "swab" cegah penyebaran COVID-19

Baca juga: Satu pasien positif asal Kabupaten Kediri sudah sembuh

Pewarta : Asmaul Chusna
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar