Jakarta (ANTARA) - Polda Kepri menggelar bakti sosial dengan membagikan paket sembako kepada masyarakat berbagai kalangan di Provinsi Kepri, Selasa (21/4).

Melalui siaran pers, tercatat Polda Kepri berikan bantuan paket sembako sebanyak 3.072 paket dan Polres-Polresta jajaran 7.046 paket sembako sehingga total sembako yang dibagikan sebanyak 10.118 paket sembako.

Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah mengatakan ada empat kegiatan bakti sosial yang digelar antara lain di 13 panti asuhan di Kota Batam, penyaluran paket sembako kepada fakir miskin di Kecamatan Belakang Padang dan baksos untuk para pekerja tidak tetap, karyawan yang di-PHK, tukang ojek dan keluarga besar Polri, warakawuri dan marbot masjid.

Baca juga: Bareskrim Polri bagikan 10 ribu paket sembako untuk DKI, Jabar, Banten

"Pada hari ini juga ada ribuan paket yang dibagikan serentak oleh Polda Kepri dan Polres/ta jajaran. Bakti Sosial ini diharapkan dapat bermanfaat bagi yang menerimanya. Ini kami lakukan dengan tulus agar semua masyarakat yang ada di Kepri tetap dapat berikhtiar untuk menjaga kesehatan, tetap di rumah, gunakan selalu masker, jaga kebersihan dengan selalu mencuci tangan, makan dengan makanan yang bergizi dan apabila mengalami gangguan-gangguan kesehatan agar segera mendatangi Rumah Sakit atau Puskesmas terdekat", kata Brigjen Yan.

Kegiatan bakti sosial ini menindaklanjuti imbauan Kapolri Jenderal Idham Azis mengenai pelaksanaan kegiatan bakti sosial Polri jelang bulan suci Ramadhan sebagai wujud kepedulian Polri terhadap masyarakat yang terdampak kebijakan PSBB untuk memutus rantai penyebaran pandemi covid-19.

Melalui surat telegram bernomor: ST/1205/IV/KEP./2020 tertanggal 15 April 2020 ini, Kapolri meminta kepala satker/ kepala satwil untuk melaksanakan bakti sosial berupa pembagian sembako secara serentak pada Selasa 21 April 2020.

Baca juga: Polri: 28 napi asimilasi yang berulah sudah ditangkap

Dalam kesempatan tersebut, pihaknya meminta partisipasi masyarakat untuk berkomitmen dan disiplin dalam menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan Pemerintah.

"Untuk mencegah dan menangkal perkembangan covid-19 ini, kita semua membutuhkan komitmen dan disiplin diri pada masing-masing orang," katanya.

Mantan Karo Multimedia Divhumas Polri ini mengingatkan, dalam menangani covid-19, kerja sama TNI-Polri, Pemerintah serta pemangku kepentingan terkait sangat diperlukan untuk bersama-sama memantau dan memberi pemahaman kepada masyarakat untuk tetap menjaga situasi kamtibmas di Kepri dengan mengedepankan protokol kesehatan yang ditetapkan oleh pemerintah.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Budi Suyanto
Copyright © ANTARA 2020