Jakarta (ANTARA) - Ketua Umum Palang Merah Indonesia (PMI) Jusuf Kalla dan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan meninjau gudang logistik darurat PMI di kawasan Jalan Gatot Subroto, Pancoran, Jakarta Selatan, Rabu.

Dalam kunjungan tersebut, Anies menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada para petugas dan relawan PMI yang terus melakukan disinfeksi di sejumlah tempat publik di DKI Jakarta.

Baca juga: PMI siapkan paket bantuan bagi masyarakat zona merah COVID-19

"Saya menyampaikan apresiasi dan terima kasih pada PMI yang sigap dan cepat, dan bergerak masif untuk melakukan disinfeksi atau sterilisasi di wilayah DKI Jakarta. Alat-alat yang digunakan sangat sesuai dengan kebutuhan kondisi di Ibu Kota RI ini," kata Anies dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Rabu.

Jusuf Kalla (JK) mengatakan penyemprotan disinfektan oleh PMI akan terus dilakukan sebagai upaya mitigasi pandemi COVID-19.

Baca juga: PMI gandeng TNI perangi COVID-19

"Operasi penyemproran disinfektan ini adalah upaya dari PMI untuk melakukan mitigasi atau mengurangi penyebaran virus corona seperti yang dilakukan di banyak negara," kata JK.

Wapres ke-10 dan ke-12 RI itu mengatakan segala upaya yang dilakukan para relawan tidak akan optimal jika tidak dibarengi dengan upaya masyarakat untuk disiplin dalam menjaga kebersihan dan menerapkan kebijakan jaga jarak.

Baca juga: PMI siapkan armada khusus penyemprot disinfektan antisipasi COVID-19

"Kita tidak bisa menghabisi hanya mengurangi saja, untuk itu perlu ada upaya masyarakat itu sendiri melakukan upaya pencegahan dengan rajin mencuci tangan dan jaga jarak," tambahnya.

Usai meninjau gudang logistik darurat, JK melepas keberangkatan mobil gunner PMI yang akan digunakan untuk disinfeksi skala besar di seluruh wilayah DKI Jakarta.

Pewarta: Fransiska Ninditya
Editor: Bambang Sutopo Hadi
Copyright © ANTARA 2020