maka tentunya perlu dilakukan tindakan tindakan pemeriksaan
Makassar (ANTARA) - Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara ikut membagikan masker kain kepada para pengendara sepeda motor dan mobil, saat Operasi Lipu 2020 oleh kepolisian setempat, guna mencegah penyebaran virus corona baru (COVID-19).

Kapolres Tana Toraja AKBP Liliek Tribhawono Iryanto melalui keterangan resminya di Tana Toraja, Minggu (12/4), mengatakan Operasi Lipu 2020 Polres Toraja sudah digelar selama sepekan.

"Ops Lipu 2020 adalah operasi keselamatan dengan 'leading' sektornya itu unit lalu lintas. Selama kegiatan kita banyak melakukan edukasi kepada pengendara dan membagikan masker kain. Nanti di hari keenam, Pak Wakil Bupati ikut ambil bagian," ujarnya.

Ia mengapresiasi Wakil Bupati Tana Toraja Victor Datuan Batara yang bersama anggotanya ikut dalam pembagian masker secara gratis kepada para pengendara.

"Tentunya ini menjadi penguatan bagi jajaran kami untuk terus menuntaskan operasi kemanusiaan pencegahan corona dan penyebarannya," katanya.

Baca juga: Cegah COVID-19, Wabup Gorontalo Utara bagikan masker di pasar

Ia juga menginformasikan bahwa mulai Senin, jajarannya akan melaksanakan peningkatan kualitas operasi keselamatan dengan melakukan razia penggunaan masker.

Pada operasi itu, pihaknya akan fokus dalam razia penggunaan masker kepada setiap pengendara untuk melihat sejauh mana tingkat kepatuhan masyarakat menghindari penularan COVID-19.

Ia menyatakan operasi itu masih sebatas sosialisasi dan imbauan kepada masyarakat agar meningkatkan kedisiplinan dalam menjaga diri dan orang lain di tengah pandemi.

"Bagi-bagi masker baik oleh jajaran kepolisian, pemerintah daerah, dan lainnya itu sudah cukup. Kita sudah dapat berhitung atau berestimasi jika sebagian besar warga kita telah memiliki masker, jadi dalam rangka peningkatan kepatuhan warga pada penggunaan masker pada saat berada di luar rumah dan sekaligus mengukur efektivitas daya guna dan tepat sasarannya kegiatan pembagian masker, maka tentunya perlu dilakukan tindakan tindakan pemeriksaan," ucapnya.

Baca juga: Warga Pasar Walang Baru dapat bantuan masker kain
Baca juga: DWP Kota Sabang bagi masker kain untuk masyarakat guna cegah COVID-19

Pewarta: Muh. Hasanuddin
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2020