teman dekat di saat suka dan duka
Jakarta (ANTARA) - Pemerintah Korea Selatan membantu Indonesia mengirimkan alat tes virus corona atau COVID-19 karena dianggap sebagai "teman sejati dan sehati".

Duta Besar Korsel untuk Indonesia Kim Chang Beom mengatakan bantuan penanganan COVID-19 di Indonesia merupakan simbol kemitraan strategis.

"Indonesia dan Korea Selatan adalah teman sejati dan teman sehati, teman sehati adalah teman dekat di saat suka dan duka," kata Kim saat menyerahkan bantuan secara simbolis di Graha BNPB, Jakarta, Rabu.

Kim menyampaikan Pemerintah Korsel merasa senang telah memberikan bantuan kemanusiaan bagi Indonesia untuk menangani COVID-19.

Baca juga: 50 ribu alat tes COVID-19 dari Korsel akan tiba hari ini
Baca juga: ACT kirimkan 13 ribu masker, Dubes RI di Korsel sampaikan terima kasih


Kim menambahkan Korsel juga menyerahkan 300 unit sprayer untuk Indonesia yang akan digunakan petugas medis sebagai garda terdepan menangani pasien COVID-19.

Kim menyatakan Korsel bersama Indonesia akan menangani bersama virus tersebut, karena bentuk kerja sama demokrasi dan strategi kemitraan khusus.

Sementara itu, Sekretaris Utama Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Harmensyah menyampaikan ucapan terima kasih atas nama Pemerintah Indonesia kepada Korsel terkait bantuan tersebut.

Harmensyah menyebutkan bantuan dari Korsel akan didistribusikan kepada masyarakat yang membutuhkan untuk mencegah penyebaran COVID-19.

Harmensyah menambahkan pihaknya masih membuka peluang untuk menerima bantuan dalam rangka menangani COVID-19.

Baca juga: Korsel operasikan dua pesawat kargo bantu penanggulangan bencana Palu
Baca juga: Kemitraan Strategis Khusus jadi alasan Korsel prioritaskan Indonesia
Baca juga: Pelatih timnas Indonesia asal Korsel donasikan APD lawan COVID-19


Pewarta: Taufik Ridwan
Editor: Budhi Santoso
Copyright © ANTARA 2020