Jakarta (ANTARA) - Lembaga filantropi Dompet Dhuafa membagikan masker dan hand sanitizer kepada para pengemudi ojek online (ojol) agar dapat digunakan dalam beraktivitas di tengah pandemi virus corona penyebab COVID -19.

Direktur Eksekutif Dompet Dhuafa Imam Rulyawan di Jakarta, Selasa mengatakan, wabah virus corona di Indonesia belum berakhir, namun sebagian masyarakat, harus tetap bekerja demi memenuhi kebutuhannya di tengah pandemi virus tersebut.

Baca juga: UI siapkan ventilator transport lokal rendah biaya

Salah satunya, lanjutnya, pengemudi ojek daring atau yang biasa kita kenal ojek online (ojol), mereka masih beraktivitas di luar rumah, sementara sebagian masyarakat menjalankan program work from home (WFH).

Peran ojek online memang sangat vital di tengah kebutuhan mobilisasi yang tinggi, namun mereka juga takut akan bahaya terpapar virus corona yang saat ini mewabah di tengah-tengah masyarakat.

"Kami melihat rekan-rekan ojek online sangat rentan terpapar virus corona saat menjalankan aktivitasnya sehari-hari, kepedulian kami salurkan dengan membagikan masker dan hand sanitizer, sebagai langkah untuk proteksi diri para rekan-rekan ojek online ini, dimana mereka adalah para pejuang keluarga yang harus kita dukung agar tetap produktif di saat keadaan seperti saat ini," ujar Imam Rulyawan melalui keterangan tertulis.

Baca juga: Relawan COVID-19 terbanyak dari DKI Jakarta dan Jawa Barat

Pada kesempatan itu Dompet Dhuafa juga membagikan amanah dari donatur berupa sejumlah paket ibadah untuk didistribusikan kepada para penerima manfaat.

Kemitraan dengan Ojol Nusantara, menurut Imam Rulyawan sangat penting, sehingga dapat membantu mereka untuk tetap produktif dan mendapatkan hasil untuk keluarga.

"Tentu saja kegiatan ini menjadi pemompa semangat kami untuk terus beraktivitas dan kami juga mendedikasikan diri kami sebagai relawan kemanusiaan Dompet Dhuafa, sehingga bisa ikut membantu masyarakat yang membutuhkan," ujar Koordinator Ojol Nusantara Bang Rey .

Baca juga: Program Padat Karya Tunai telah berjalan di berbagai kementerian
Baca juga: Pemerintah akan alokasikan dana desa untuk penanggulangan COVID-19
Baca juga: Jangan panik, kata pasien sembuh COVID-19 di Sumut

Pewarta: Subagyo
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020