Jakarta (ANTARA/JACX) - Beredar pesan berantai via aplikasi percakapan Whatsapp mengatasnamakan Nila Moeloek yang menganjurkan agar tidak memegang uang kembalian untuk mencegah penularan virus corona.

Disebutkan, mantan Menkes itu menyarankan agar masyarakat tak memegang uang secara langsung, tapi menggunakan plastik bening.

Berikut narasinya:
"Ini ada usulan dari ibu Nila Muluk..Assalamualaikum, Saya menganjurkan kepada kita semua untuk membawa plastik bening ukuran 1 kg kalau keluar. Pastikan semua uang kembalian jangan dipegang, tapi masukan ke kantong plastik itu dan tutup rapat. Setelah ada kesempatan jemur plastik tersebut beserta uang tadi di matahari,.paling tidak 30 menit, in Syaa Allah sudah cukup aman. Mari kita mulai putuskan mata rantai penularan dari diri kita sendiri. In Syaa Allah bermanfaat ".

Benarkah pesan itu dari Nila Moeloek?
 
Tangkapan layar pesan berantai yang mengatasnamakan mantan menteri kesehatan Nila Moeloek. (Whatsapp)


Penjelasan:

Saat tim Antara melakukan konfirmasi kepada Nila Moeloek via pesan singkat pada Senin (16/3/2020), dia mengatakan kabar tersebut adalah hoaks.

"Hoax..maaf." tulis Nila yang juga ahli oftalmologi itu.

Sementara itu, Dekan Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia, Ari Fahrial Syam mengatakan untuk mencegah COVID-19, penguatan daya tahan tubuh menjadi hal utama, karena dapat mencegah infeksi penyakit.

Masyarakat diimbau untuk tidak sembarangan memegang benda yang ada di jalan untuk mengurangi paparan. Karena, tidak menutup kemungkinan droplet atau percikan yang mengandung kuman penyakit menempel di benda-benda yang sering dipegang banyak orang.

Masyarakat juga diminta untuk sering mencuci tangan dengan sabun atau hand sanitizer agar tangan tetap bersih dan steril.

Menggunakan hand sanitizer dengan 96 persen alkohol bisa mematikan virus yang menempel di tangan dalam satu menit.

Mereka yang sakit seperti batuk dan bersin juga diharapkan menggunakan masker untuk mencegah penularan penyakit lewat droplet kepada orang lain.

Saat batuk atau bersin, orang sebaiknya menutup mulutnya dengan tisu atau lengan baju. Hindari menutup mulut dengan telapak tangan.

Masker dan tisu yang sudah dipakai juga harus dibuang ke tempat sampah tertutup agar tidak berpotensi sebagai sumber penyakit.

Klaim : Mantan Menkes Nila Moeloek anjurkan uang kembalian tidak dipegang.
Rating: Hoaks

Cek fakta: Virus corona berukuran 400-500 mikrometer? Ini faktanya

Baca juga: Kominfo: 232 hoaks virus corona hingga Senin pagi

 

Pewarta: Tim JACX
Editor: Anton Santoso
Copyright © ANTARA 2020