Quetta, Pakistan (ANTARA News/AFP) - Sedikitnya lima Muslim Syiah tewas tertembak Selasa dalam kejadian yang tampaknya serangan sektarian dekat kota Quetta di bagian baratdaya Pakistan, polisi mengatakan.

Dua pria bersenjata naik sebuah sepeda motor telah menembak para korban, yang sedang melakukan perjalanan dalam sebuah mobil pribadi ke timur dengan melewati sisi luar Quetta, ibukota provinsi Baluchistan yang kaya minyak dan gas yang berbatasan dengan Iran dan Afghanistan.

"Semua kelima pria itu, yang adalah anggota masyarakat Muslim Syiah, tewas seketika," pejabat polisi setempat Abdul Khalid mengatakan.

Tidak ada orang yang menyatakan bertanggungjawab dengan segera atas pembunuhan itu.

Serangan itu tiba satu pekan setelah empat Muslim Syiah tewas ketika masuk sebuah mobil di Quetta, yang memiliki sejarah serangan sektarian yang melibatkan ekstrimis Muslim Syiah dan Sunni.

Ratusan orang telah tewas di Baluchistan sejak akhir 2004, ketika gerilyawan bangkit untuk minta otonomi politik dan bagian keuntungan lebih besar dari sumber alam.

Baluchistan juga telah dihantam oleh sejumlah serangan yang dipersalahkan pada gerilyawan Taliban dan bulan lalu seorang pejabat PBB asal Amerika, John Solecki, diculik di Quetta. Sebuah kelompok pemberontak Baluch bayangan menyatakan telah menahannya.(*)

Pewarta:
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2009