Surabaya (ANTARA) - Para pengusaha travel umrah yang tergabung dalam Asosiasi Muslim Penyelenggara Haji dan Umrah Republik Indonesia (Amphuri) Jawa Timur meminta pemerintah Arab Saudi agar penghentian penerimaan jamaah umrah dengan alasan ancaman Covid-19 tidak berlangsung lama.

"Kami menyadari kebijakan Arab Saudi tersebut, tapi Amphuri meminta penutupan itu tidak terlalu lama. Sehingga bisnis ini masih bisa berjalan normal kembali," kata Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Amphuri Jatim, Mohammad Sufyan, Kamis.

Sufyan dikonfirmasi di Surabaya mengatakan banyak rekannya yang pusing karena kebijakan tersebut karena berdampak negatif terhadap bisnis travel umrah dan haji di Indonesia.

"Kita setiap hari itu memberangkatkan 1.700 hingga 1.800 jamaah dari seluruh Jawa Timur untuk umrah. Berapa uang berputar dari sana," kata Sufyan.

Baca juga: Menhub temui calon jamaah umrah dampak larangan terbang ke Arab Saudi

Baca juga: Sedikitnya 84.855 jamaah asal Jatim terancam gagal berangkat umrah

Baca juga: Jamaah umroh di Mekah: Aman-aman saja


Beberapa jamaah umrah bahkan sudah melakukan pembayaran lunas, terutama untuk biaya visa, tiket pesawat dan hotel.

"Jika penutupan ini tidak membuat semua biaya itu hangus, bagi travel itu tidak menjadi masalah. Tapi, ketika biaya itu hangus, maka akan berdampak sangat buruk," katanya.

Sebab, kata dia, biaya paling mahal dari bisnis ini adalah tiket pesawat dan hotel.

"Kalau hotel 20 persen dan tiket pesawat sebesar 50 persen dari total biaya umrah. Kalau itu sampai hangus, maka hancurlah kita," kata Sufyan, mengeluh.

Sufyan berharap, maskapai dan hotel di Arab Saudi bisa memahami kondisi ini. Karena ini adalah force major yang tidak bisa diprediksi sebelumnya.

"Kami juga memohon semua pihak memahami itu, jikalau pun pihak maskapai dan hotel tidak akan mengembalikan biaya itu, diakui Sufyan pihaknya tidak akan meminta kepada jamaah.

"Pihak travel rela menanggung biaya yang sudah hangus itu. Sedikit pun kami tidak akan meminta jamaah menanggung itu. Yang penting, jamaah sabar menunggu Kerajaan Arab Saudi membuka kembali pintunya bagi kita untuk beribadah," kata pemilik travel Al Multazam Utama Nusantara itu.

Sementara itu, Wakil Ketua Amphuri Jatim Heliosa Soewianto mengkui kondisi ini sangat berdampak tidak baik bagi bisnis travel.

Apalagi, semua travel umrah dan haji plus tidak lagi menerima pendaftaran jamaah untuk sementara waktu sambil menunggu kepastian Arab Saudi membuka kembali pintunya.

"Tapi saya dengar beberapa maskapai tidak menghanguskan biaya tiketnya. Tapi kami juga punya kekuatan hukum kalau itu dihanguskan. Karena kesalahannya bukan dari kami," katanya.*

Baca juga: Anggota DPR RI minta kasus jamaah umrah tidak berlarut-larut

Baca juga: Serikat Penyelenggara Haji dan Umrah surati Presiden

Baca juga: Seratusan jamaah umrah Payakumbuh tidak jadi berangkat

Pewarta: A Malik Ibrahim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020