Tangerang, Banten (ANTARA) - Dinas Kesehatan Kota Tangerang sudah menyiagakan delapan posko kesehatan statis dan beberapa posko kesehatan dinamis di daerah yang menghadapi banjir pada Selasa.

Posko kesehatan antara lain tersedia di Kantor Kecamatan Periuk, RW 21 Kelurahan Gebang, RW 13 Kelurahan Gebang, Masjid Al Irsyad Pedurenan, Puskesmas Tajur, RT 1/RW 5 Tajur, RT 02/RW 05 Sudimara Pinang, dan depan Posyandu Teratai Kunciran Baru.

"Semua posko dikoordinir langsung oleh puskesmas setempat, mulai dari Puskesmas Periuk, Gembor, Pedurenan Tajur, Kunciran, sampai Puskesmas Kunciran Baru," kata Kepala Bidang Pelayanan Kesehatan Dinas Kesehatan Kota Tangerang, dr Darto.

"Untuk Posko Statis kita siagakan tiga hingga enam petugas, sedangkan Posko Dinamis kita siagakan tiga petugas," ia menambahkan.

Petugas Posko Kesehatan Statis menyediakan pelayanan kesehatan dan pengobatan serta pembagian makanan untuk balita. Posko Kesehatan Dinamis menjangkau warga di daerah-daerah yang terdampak banjir.

Ia mengatakan Dinas Kesehatan mengoperasikan posko kesehatan statis dan dinamis untuk mempercepat pelayanan bagi korban banjir.

"Sehingga, kondisi korban banjir cepat diketahui, ditangani, sehingga diharapkan tak terjadi hal-hal yang tak diinginkan pada seluruh korban banjir. Lewat Posko Dinamis, Dinkes juga memberikan makanan-makanan bayi agar asupan gizi bayi tak kurang atau terlambat," katanya.

Baca juga:
Hujan lebat sebabkan banjir di 13 titik di Kota Tangerang
Pemerintah siapkan posko kesehatan keliling untuk korban banjir di Periuk, Tangerang

Pewarta: Achmad Irfan
Editor: Maryati
Copyright © ANTARA 2020