Mamuju (ANTARA) - Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Provinsi Sulawesi Barat melaksanakan sosialisasi Corporate University (CorpU) di Kantor Imigrasi Mamuju.

Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sulawesi Barat Harun Sulianto, Sabtu mengatakan, Corporate University merupakan strategi mewujudkan "link and match" atau tersambung dan sesuai antara pembelajaran, pengelolaan kompetensi dan pencapaian sasaran kinerja organisasi.

"Kegiatan ini dilaksanakan sebagai upaya mewujudkan Kemenkumham Corporate University di lingkungan Kantor Wilayah Sulbar," kata Harun Sulianto.

Kegiatan dengan tema 'Kementerian Hukum dan HAM Corporate University Menuju Transformasi SDM Digital untuk Sulawesi Barat yang Pasti Malaqbi’ itu, diikuti seluruh pegawai Kantor Imigrasi Mamuju.

Kegiatan tersebut juga dihadiri, Kepala Divisi Administrasi Mutia Farida, Kepala Divisi Pemasyarakatan Elly Yuzar, Kepala Divisi Pelayanan Hukum dan HAM Sri Lastami serta Pejabat administrator dan pengawas lingkup Kanwil Kemenkum HAM Sulbar.

Kepala Kanwil Kemenkum HAM menyampaikan, Corporate University yaitu pendekatan pembelajaran organisasi untuk pengembangan pegawai.

"Namun proses pembelajarannya tidak harus di kelas, bisa dimanapun dan kapanpun. Intinya bisa belajar sambil bekerja," ujar Harun Sulianto.

"Dan Karena ini merupakan target kinerja kita. Saya meminta setiap Divisi untuk membuatkan modul sebagai bahan pembelajaran untuk menambah pengetahuan pegawai di masing masing Divisi," tambahnya.

Sementara itu, Kepala Divisi Administrasi Kanwil Kemenkum HAM Sulbar Mutia Farida yang menjadi narasumber pada kegiatan tersebut menjelaskan, dalam Corporate University metode pembelajarannya adalah melalui studi tiru, coaching dan mentoring pada seluruh jajaran Kementerian Hukum dan HAM, untuk mendukung kinerja para Aparatur Sipil Negara (ASN) dalam mencapai tujuan organisasi.

"Dengan metode Kemenkumham CorpU ini, maka tidak ada kata berhenti untuk belajar," kata Mutia Farida.

Kegiatan itu dikemas secara santai dan menarik dengan menyelipkan permainan CorpU melalui game online dan disambut antusias para peserta.

Selanjutnya, sebagai tanda bahwa Kantor Imigrasi akan melaksanakan CorpU disematkan Pin CorpU kepada beberapa peserta.

"Strategi Kemenkum HAM CorpU merupakan salah satu pemenuhan area perubahan pada reformasi birokrasi (manajemen perubahan). Untuk itu dengan semangat Kemenkum HAM CorpU kita wujudkan SDM Unggul Kemenkumham Maju," kata Mutia Farida.

Baca juga: Kemenkumham: Kurangnya transparansi informasi penyebab kegagalan WBK

Baca juga: Staf Khusus Menkumham temui Wagub Sulbar

Baca juga: Kemenkumham: Pendekatan diversi bagi anak berhadapan dengan hukum

Pewarta: Amirullah
Editor: Yuniardi Ferdinand
Copyright © ANTARA 2020