Masyarakat perlu aktif memeriksakan kondisi kesehatannya
Jakarta (ANTARA) - Anggota Komisi IX DPR Saleh Partaonan Daulay meminta Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan untuk mempermudah prosedur pemeriksaan pasien untuk mengantisipasi penyebaran dan penularan virus corona atau COVID-19.

"Masyarakat perlu aktif memeriksakan kondisi kesehatannya, terutama bila merasakan perubahan suhu tubuh yang drastis," kata Saleh saat dihubungi di Jakarta, Kamis.

Politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu juga meminta masyarakat segera memeriksakan diri ke layanan kesehatan bila mengalami pilek dan demam yang dirasakan berbeda dari biasanya.

Baca juga: Menkes: WNI dari Wuhan bisa tinggalkan Natuna pada Sabtu

Agar deteksi terhadap kemungkinan COVID-19 bisa dilakukan cepat dan masyarakat segera bisa dilayani, maka Saleh meminta BPJS Kesehatan mempermudah prosedur pelayanan kepada peserta.

"Agar bila memang ada yang diduga terkena virus corona bisa cepat diketahui dan segera ditangani," tuturnya.

Saleh mengatakan pemerintah juga perlu mengambil langkah-langkah konkret untuk mencegah penyebaran dan penularan COVID-19 di Indonesia, misalnya dengan mencegah warga negara asing dari negara-negara yang sudah positif menjadi endemik virus tersebut masuk ke Indonesia.

"Warga negara asing dari negara-negara endemik virus corona juga perlu didata dan dipantau. Jangan sampai di negaranya sudah terpapar virus tapi masih sehat, sakitnya di Indonesia," katanya. 

Baca juga: WNI yang dipulangkan ditegaskan IDI harus dipastikan sehat

Pewarta: Dewanto Samodro
Editor: Zita Meirina
Copyright © ANTARA 2020