Surabaya (ANTARA) - Hujan deras yang mengguyur Kota Surabaya, Jawa Timur, pada Jumat malam, mengakibatkan sejumlah wilayah terendam banjir.

"Di Bukit Mas, tepatnya di jalan depan rumah saya juga banjir," kata warga Bukit Mas, Pertiwi Ayu Khrisna, Jumat.

Informasi yang dihimpun Antara, wilayah yang terendam banjir di Kota Pahlawan di antaranya Bukit Mas, Ketintang, Dukuh Kupang, Jalan Ahmad Yani atau depan Graha Pena, Kertajaya, kawasan Kodam V Brawijaya dan lainnya.

Menurut Ayu, akibat hujan deras di Bukit Mas tersebut jalanan tidak bisa dilewati sehingga banyak kendaraan bermotor, khususnya roda dua mogok.

Baca juga: Banjir Surabaya akibat proyek pekerjaan saluran air yang belum tuntas

Baca juga: Strategi Pemkot Surabaya atasi banjir cepat surut dalam dua jam

Baca juga: Upaya Pemkot Surabaya antisipasi banjir


"Tadi saya lihat mereka (pengendara motor) ke pinggir cari tempat yang tinggi atau ruko setelah motonya mogok," ujar Ayu yang juga Ketua Komisi A DPRD Surabaya ini.

Ayu menilai saluran air tidak terkoneksi dengan baik sehingga mengakibatkan banjir. Untuk itu, dia meminta Pemkot Surabaya membenahi semua titik yang menjadi penyebab banjir.

Hal sama juga dikatakan Ifa, warga Rungkut yang sempat terjebak banjir di kawasan Kodam V Brawijaya.

"Tadi mobil saya sempat mau mogok, tapi saya langsung ke pinggir, ke dataran tinggi. Saya melihat banyak motor yang mogok," katanya.

Ifa mengatakan hujan kali ini cukup deras sehingga membuat daerah Kodam sempat tergenang air hujan. "Biasanya ini jarang terjadi. Saya kebetulan sering datang ke daerah Kodam," katanya.*

Baca juga: Surabaya dikabarkan juga terkepung banjir, ini penjelasannya

Baca juga: Empat kereta api jurusan Surabaya terlambat akibat banjir Jakarta

Baca juga: Pemkot Surabaya diminta perbaiki tanggul Kali Lamong yang jebol

Pewarta: Abdul Hakim
Editor: Erafzon Saptiyulda AS
Copyright © ANTARA 2020