Pasang pemindai suhu, Pelabuhan Internasional Dumai siaga virus corona

id virus corona, virus korona, corona, dumai,pelabuhan dumai, waspada dumai,Riau

Seorang petugas otoritas kesehatan memperhatikan bendera kuning yang terpasang di kapal MV Vung Hai dari Hongkong yang menandakan belum dllakukannya pemeriksaan karantina di Pelabuhan PT Pelindo I Dumai di Dumai, Riau, Jumat (24/1/2020). Otoritas Kantor Kesehatan Pelabuhan Kelas III Dumai secara rutin melakukan kunjungan kapal dalam karantina terhadap kapal berbendera asing yang singgah di pelabuhan tersebut dan melakukan pengawasan ketat terhadap kapal yang berasal dari China, Hongkong dan Taiwan untuk mencegah penyebaran virus corona Wuhan ke tanah air. ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid/foc

Dumai (ANTARA) - Terminal penumpang laut internasional Pelabuhan Pelindo II Kota Dumai, Provinsi Riau lakukan langkah antisipasi masuknya virus corona dengan memasang alat pemindai suhu tubuh dan puluhan petugas kesehatan bersiaga.

Wali Kota Dumai Zulkifli AS di Dumai, Senin, meminta semua pihak agar bekerja sama mengantisipasi masuknya virus corona yang pertama kali diidentifikasi berasal dari Kota Wuhan, China ini bisa dibawa oleh penumpang datang ke Pelabuhan Dumai.

"Semua personel dan sarana alat sudah dipersiapkan di Pelabuhan Internasional  Kota Dumai untuk mengantisipasi masuk virus corona ini, petugas kita minta agar saling bersinergi dan melakukan penanganan cepat jika ada yang dicurigai," kata Zulkifli AS.

Ia menjelaskan Pemerintah Kota (Pemkot) Dumai sudah menyiapkan fasilitas penanganan medis untuk penumpang laut dari luar negeri yang dicurigai membawa masuk virus ini di rumah sakit umum daerah dengan menyiapkan dua ruang karantina.

Pelabuhan Dumai sebagai pintu masuk penumpang luar negeri harus waspada terhadap masuknya penyakit zoonosis atau yang ditularkan dari hewan ke manusia ini, karena itu pencegahan masuk harus dilakukan.

"Pemerintah tidak mau ada risiko dengan masuk virus ini, dan semua penumpang turun di pelabuhan harus diperiksa suhu panas tubuh untuk mencegah penyebaran penyakit tersebut," kata Zulkifli AS.

Sementara itu Kepala Seksi Pengendalian, Karantina dan Surveilan Kesehatan Pelabuhan Dumai Suprapto menyebut, dua alat pemindai suhu tubuh sudah dipasang di areal terminal penumpang untuk mendeteksi virus dibawa dari luar negeri, pemeriksaan dimulai dari dermaga hingga ke pintu masuk dan keluar.

Kegiatan pemeriksaan ini, kata dia, tidak saja dilakukan saat isu virus corona mewabah, namun rutin untuk mengecek kesehatan antisipasi penyakit lain yang dibawa penumpang, misalnya, flu burung, MERs dan lainnya, dan sejauh ini tidak ditemukan penumpang terduga mengidap virus corona di Pelabuhan Internasional Kota Dumai.

“Selama pengecekan penumpang dari Malaysia tidak ada ditemukan suspek virus corona di terminal internasional Pelabuhan Pelindo I Dumai, dan langkah antisipasi dilakukan dengan pemeriksaan kesehatan menggunakan alat pemindai suhu tubuh," katanya.

Apabila ditemukan penumpang memiliki suhu badan tinggi dan dicurigai gejala virus Corona, maka akan dilakukan penanganan medis sesuai prosedur untuk pencegahan masuk ke Pelabuhan Dumai, demikian Suprapto.

Baca juga: RSUD Arifin Achmad Riau siapkan ruang isolasi pasien terduga corona

Baca juga: Kantor Kesehatan Pelabuhan Dumai antisipasi cacar monyet

Baca juga: Soal virus corona, warga Riau diminta Dinkes tidak panik

Baca juga: Cegah virus corona, Bengkalis aktifkan SKD dan surveilans ketat

Pewarta : Abdul Razak
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar