Soal virus corona, warga Riau diminta Dinkes tidak panik

id wabah corona,virus corona,dinas kesehatan riau

Kepala Diskes Riau Mimi Yuliani Nazir. (FOTO ANTARA/HO-Pemprov Riau)

Pekanbaru (ANTARA) - Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Provinsi Riau, Mimi Yuliani Nazir, meminta masyarakat tidak panik namun tetap waspada karena pemerintah sudah melakukan berbagai cara untuk mencegah penyebaran virus corona di Riau.

"Masyarakat harus tetap waspada dan jangan panik dalam menyikapi kondisi wabah corona virus yang terjadi di Wuhan, China. Sampai saat ini belum ada laporan dari kabupaten/kota dan sarana pelayanan kesehatan di Riau mengenai terduga virus itu," katanya di Pekanbaru, Minggu.

Terkait penanganan kondisi wabah virus corona di Riau, kata dia, Dinkes Riau sudah melaksanakan rapat koordinasi dengan Kantor Kesehatan Pelabuhan (KKP), RSUD Arifin Achmad, Dinas Kesehatan Kota Pekanbaru guna mempersiapkan sarana, prasarana Dan SDM antisipasi apabila terjadinya kasus tersebut.

KKP di wilayah kerja Riau sudah melakukan pemeriksaan penumpang dari luar negeri di Bandara Sultan Syarif Kasim II menggunakan alat pendeteksi panas (thermal scanner).

"Di pelabuhan juga melakukan pemeriksaan terhadap setiap kedatangan penumpang yang berasal dari luar negeri dengan menggunakan 'thermal scanner'. Dan menyiapkan ambulans khusus untuk memobilisasi 'suspect'[ ke RSUD Arifin Achmad," katanya.

Ia mengatakan RSUD Arifin Achmad sebagai RS Rujukan PIE (Penyakit Infeksi Emerging) mempersiapkan SDM, sarana ruangan isolasi dan prasarana lainnya yang dibutuhkan untuk penanganan PIE.

"Sudah dikirim surat edaran ke seluruh kabupaten/kota untuk kesiapsiagaan dalam upaya pencegahan penyebaran penyakit pneumonia dari negara Republik Rakyat Tiongkok ke Indonesia," katanya.

Ia mengatakan dinas kesehatan juga terus melakukan sosialisasi dan pemberian informasi tentang kasus tersebut kepada masyarakat melalui media masa.

Masyarakat juga diimbau untuk lebih meningkatkan pola hidup bersih dan sehat seperti mencuci tangan secara rutin sebelum memegang hidung, mata dan mulut.

"Mencuci tangan dengan menggunakan air dan sabun cair serta bilas setidaknya selama 20 detik, dan keringkan dengan tisu sekali pakai," demikian Mimi Yuliani Nazir.

Baca juga: Antisipasi wabah corona, Bandara Pekanbaru aktifkan pendeteksi panas

Baca juga: RSPI pastikan satu pasien suspect negatif corona virus


Baca juga: Cegah virus corona, Bengkalis aktifkan SKD dan surveilans ketat

Baca juga: Menkes tegaskan tidak ada penderita virus Corona

Pewarta : FB Anggoro
Editor: Andi Jauhary
COPYRIGHT © ANTARA 2020

Komentar