Lampung Barat (ANTARA) -

Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim (Nunik) mengunjungi Kebun Raya Liwa (KRL), di Pekon (Desa) Kubu Perahu, Kecamatan Balik Bukit, Liwa, Kabupaten Lampung Barat, dengan mengajak masyarakat setempat menikmati keindahan salah satu tanaman langka bernama Magnolia.

"Alhamdulillah saat saya berkunjung bunganya mekar, jadi seluruh masyarakat ayo weekend datang dan kunjungi Kebun Raya Liwa Lampung," ujar Wagub Chusnunia Chalim, di Liwa Lampung Barat, Selasa.


Tanaman langka ini penyebarannya semakin sedikit yaitu di New Zealand, Kebun Raya Bogor, dan di Kebun Raya Liwa, Lampung.

Ia menyebutkan, mengunjungi Kebun Raya Liwa memang menjadi kegiatan wisata yang menyenangkan sekaligus bernilai edukatif.

Menurut dia, koleksi tumbuhan dan keindahan pemandangan yang masih asri ini menjadi kawasan wisata edukasi.

"Destinasi Kebun Raya Liwa ini semakin lengkap dengan sajian eksotisme senja," ujarnya.

Baca juga: Disparbud Bogor diinstruksikan lebih progresif

Kebun Raya Liwa ini dibangun di atas tanah seluas 86 hektare. Banyak terdapat koleksi tumbuhan. Beberapa di antaranya Pepasang (Quercus sp.), Cemara exelsa (Araucaria exelsa), dan Pinus (Pinus merkusii).

Kebun Raya Liwa juga memiliki beberapa taman lain seperti Taman Araceae, Taman Wangi, Taman Indukan Tanaman Hias, Taman Buah, Taman Hias dan Taman Aren.

Taman-taman tersebut telah ditata dengan indah sehingga membentuk pola yang indah.

Pengunjung juga dapat menikmati keindahan taman dan panorama cantik dari pemandangan hutan di sekitarnya. Sore hari pengunjung juga bisa menikmati senja dari lokasi ini.

Baca juga: Pemkot Bogor-Kebun Raya perlu ada kerja sama yang harmonisasi
Baca juga: Di Kebun Raya Bogor, Amorphophallus titanum mekar sempurna

Pewarta: Agus Wira Sukarta
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2020