Chaerul menjelaskan motivasinya membuat pesawat terbang bertipe "ultra light" karena belum pernah terbang naik pesawat.
Jakarta (ANTARA) - Pembuat pesawat "ultra light" asal Kabupaten Pinrang, Sulawesi Selatan, Chaerul, yang viral di media sosial mendapat apresiasi dari Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko sebagai inspirator bagi pemuda.

"Semangatnya ini perlu anak-anak muda untuk melihat Mas Khairul ini sebagai inspirator yang luar biasa. Dia memiliki keberanian untuk melakukan sesuatu yang baru. Dia memiliki semangat yang sangat kuat untuk mewujudkan keinginannya," kata Moeldoko dalam jumpa pers di Bina Graha  Jakarta, Senin.

Menurut Moeldoko, semangat inovatif dari Chaerul bisa menjadi pembelajaran para pemuda Indonesia.
Baca juga: Terinspirasi BJ Habibie, warga Pinrang membuat pesawat

Dia menjelaskan KSP yang tengah menyiapkan manajemen talenta nasional tengah mencari pemuda seperti Chaerul yang memiliki semangat inovatif dan kreatif.

"Kita ingin nanti mencari anak-anak Indonesia yang punya bakat-bakat unggulan dari berbagai bidang ilmu dan seni, budaya dan olah raga itu bisa 'terupdate' dengan baik. Kita punya 'databasenya' dan nanti negara mesti mengkapitalisasi agar mereka-mereka ini minimum mendapatkan kemudahan untuk memperjuangkan cita-citanya, untuk memperjuangkan obsesinya," kata Moeldoko.

Chaerul mengatakan dia menghargai apresiasi pemerintah.
Baca juga: Montir asal Pinrang rakit pesawat dari mesin motor

Chaerul menjelaskan motivasinya membuat pesawat terbang bertipe "ultra light" karena belum pernah terbang naik pesawat.

Dia membuat pesawat dengan memanfaatkan bahan-bahan dari barang bekas dengan menggunakan mesin motor 2 tak.

Dalam video di media sosial, pesawat buatan Chaerul berhasil lepas landas di areal pantai dan berputar sebanyak 1 kali sebelum akhirnya kembali mendarat.
Baca juga: Pemprov Sulsel dukung pembuat pesawat asal Pinrang

Pewarta: Bayu Prasetyo
Editor: Muhammad Yusuf
Copyright © ANTARA 2020