yang kita kasih bantuan itu misalnya pondok pesantren atau kepala desa agar di kampung atau komunitas masing-masing itu terbiasa dengan hidup yang bersih, sehat
Temanggung (ANTARA) - Anggota DPR RI Abdul Kadir Karding menyerahkan bantuan enam sepeda motor roda tiga untuk mengangkut sampah kepada kelompok bank sampah di Kabupaten Temanggung, Jawa Tengah.

Karding di Temanggung, Jumat, mengatakan enam sepeda motor sampah itu bantuan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan.

"Total di Kabupaten Temanggung bantuan sepeda motor sampah ada 17 unit, kali ini ada enam unit dan lainnya sudah diberikan beberapa waktu lalu," katanya.

Sebanyak enam sepeda motor sampah itu untuk Bank Sampah Sapu Bersih Desa Gedongsari, Kecamatan Jumo, Bank Sampah Bankit Desa Ngipik, Kecamatan Pringsurat, Bank Sampah Mitra Unggul Desa Malebo, Kecamatan Kandangan, Bank Sampah Kancil Desa Tegalurung, Kecamatan Bulu, Bank Sampah Banyuurip Sejuk Kelurahan Banyurip, Kecamatan Temanggung, dan Bank Sampah Bangkit Bersama Desa Ngabean, Kecamatan Candiroto.

Baca juga: Pemkab Bekasi akan tambah armada untuk tangani sampah

Ia mengatakan pemberian bantuan sepeda motor sampah agar masyarakat termotivasi untuk mengangkut sampah dan terbangun tradisi masyarakat mengelola sampah dengan baik serta membuang sampah secara tepat.

"Termasuk juga mulai kita edukasi misalnya mana sampah yang tidak boleh dibuang atau masih bisa dimanfaatkan misalnya sampah plastik dan sebagainya," katanya.

Ia menuturkan tujuan sebenarnya agar masyarakat ada kepedulian yang tinggi terhadap sampah, dalam rangka menjaga kebersihan kampungnya.

"Maka yang kita kasih bantuan itu misalnya pondok pesantren atau kepala desa agar di kampung atau komunitas masing-masing itu terbiasa dengan hidup yang bersih, sehat sekaligus mereka bisa mengangkut sampah-sampah yang harus dibuang," katanya.

Ia berharap, bantuan sepeda motor sampah benar-benar bisa bermanfaat dan bisa mendorong masyarakat sekitar menjaga kebersihan, apalagi di Temanggung sudah ada sistem bank sampah. 

Baca juga: Pengelola bank sampah keluhkan kekurangan armada pengangkut
Baca juga: Pemkot Palembang bangun tempat pengolahan sampah terpadu
Baca juga: Pemkot Palembang bangun tempat pengolahan sampah terpadu

Pewarta: Heru Suyitno
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019