Jenazah TKW asal Sukabumi dipulangkan ke kampung halamannya

id SBMI ,TKW Sukabumi Meninggal ,Pemkab Sukabumi,Kemenlu RI ,BNP2TKI,Kedubes RI ,DPLN SBMI Riyadh ,SBMI Jabar,Kabuaten Sukabumi

Jenazah Khotimah warga Kampung Panyusuhan, RT 04/02, Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder, Kabupaten Sukabumi, Jabar yang sudah dimasukan ke dalam peti untuk diterbangkan dari Riyadh, Arab Saudi ke Bandara Soekarno Hatta Jakarta. (Antara/Dok/DPLN SBMI Riyadh)

Sukabumi, Jabar (ANTARA) - Jenazah tenaga kerja wanita (TKW) asal Kampung Panyusuhan, Kabupaten Sukabumi, Jawa Barat yang meninggal di Riyadh, Arab Saudi akhirnya dipulangkan ke kampung halamannya di Sukabumi.

"Saat ini jenazah TKW Khotimah asal Desa Sukaluyu, Kecamatan Kalibunder sudah diterbangkan dari Arab Saudi menuju Bandara Soekarno-Hatta dan informasinya akan tiba di bandara sekitar pukul 22.25 WIB pada Minggu (24/11)," kata Ketua Serikat Buruh Migran Indonesia (SBMI) Jabar Jejen Nurjana di Sukabumi, Minggu.

Informasi yang dihimpun, Khotimah meninggal di Rumah Sakit Riyadh karena sakit dan gagal jantung pada 1 Oktober 2019. Mendapatkan kabar tersebut SBMI Sukabumi, Jabar dan Dewan Perwakilan Luar Negeri (DPLN) Riyadh bekerja sama untuk mempercepat pemulangan jenazah pahlawan devisa ini.

Selain itu, SBMI pun berkoordinasi dengan Kementerian Luar Negeri RI, Badan Nasional Penempatan dan Perlindungan Tenaga Kerja Indonesia (BNP2TKI) serta Kedutaan Besar RI di Arab Saudi untuk memfasilitasi pemulangan jenazah TKW ini.

Akhirnya setelah mengurus seluruh administrasinya, jenazah Khotimah akhirnya bisa dipulangkan pada Minggu, (24/11). Rencananya setelah sampai di Indonesia jenazah akan langsung dibawa ke kampung halamannya di Kecamatan Kalibunder untuk disemayamkan dan dimakamkan .

Pihaknya juga berterima kasih kepada Pemkab Sukabumi, Bupati Sukabumi, Ketua P2TP2A Kabupaten Sukabumi, Camat Kalibunder dan Kades Sukaluyu yang ikut membantu dalam proses pemulangan jenazah pekerja migran ini.

"Kami pun sudah menghubungi perusahaan penyalur tenaga kerja ke luar negeri yang memberangkatkan almarhum Khotimah ke Arab Saudi dan perusahaan itu pun ikut bertanggung jawab atas pemulangan khususnya perihal hak almarhum," tambahnya.

Sementara, Tim DPLN SBMI Riyadh Agus Gia mengatakan pemulangan jenazah almarhum Khotimah ini berbarengan dengan jenazah TKW Sri lestari Suhardi asal Kampung Klumput RT 05/01, Desa Tlogo Wungu, Pati, Jawa Tengah yang juga meninggal akibat sakit. 

Baca juga: KBRI Baghdad selamatkan dua wanita Sukabumi korban TPPO di Irak

Baca juga: TKW Sampang di Arab Saudi bertemu bayinya setelah 12 hari terpisah

Baca juga: Pelaku TPPO dua wanita Sukabumi ke Irak masih diburu

Baca juga: Dua wanita Sukabumi jadi korban TPPO ke Irak

Pewarta : Aditia Aulia Rohman
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar