Pekanbaru (ANTARA) - Badan Pembinaan Ideologi Pancasila (BPIP) membangun kerja sama antar-lembaga dengan lima kelembagaan melalui dialog untuk pembinaan ideologi Pancasila sekaligus membumikan Pancasila di tengah masyarakat Indonesia.

"Lima kelembagaan tersebut adalah, Pemerintah, swasta, perguruan tinggi, media massa, dan ormas," kata Direktur Hubungan Antar Lembaga dan Kerjsama BPIP, Elfrida Herawati Siregar, di Pekanbaru, Rabu.

Kegiatan dialog yang menampilkan tema "Gotong Royong Membumikan Pancasila" itu diselenggarakan di Pekanbaru, dihadiri sekitar 100 peserta, perwakilan dari Pemerintah Provinsi Riau, perusahaan swasta, perguruan tinggi, media massa, dan ormas.

Hadir undangan antara lain, Sekretaris Daerah Provinsi Riau Achmad Syah Harrofee, Kepala Kesabngpol Provinsi Riau Chairul Riski. Sedangkan dari BPIP antara lain hadir, Staf Khusus BPIP, Lia Kian dan Togi Iman Hasiholan Sirait.

Menurut Elfrida, melalui kegiatan dialog pentahelix dengan stakeholder ini, BPIP berupaya membangun jaringan kerja sama untuk membumikan Pancasila yang merupakan ideologi negara.

Melalui kegiatan dialog pentahelix ini, menurut dia, sasarannya antara lain, melakukan koordinasi program kerja sama pembinaan ideologi Pancasila antara BPIP dengan stakeholder guna mempercepat aktualisasi Pancasila.

"Harapannya ke depan, terbentuk jaringan dari setiap lembaga untuk membumikan Pancasila, baik melalui dialog maupun kegiatan lainnya," katanya.

Baca juga: BPIP ajak komunitas IT gelorakan nilai-nilai Pancasila

Baca juga: BPIP: Perlu doktrin penguatan ideologi Pancasila dengan cara kekinian

Baca juga: Yamin katakan nilai-nilai Pancasila dapat diterjemahkan dalam dunia IT

Pewarta: Riza Harahap
Editor: Ruslan Burhani
Copyright © ANTARA 2019