Dandim 0201/BS: Patroli bangkai babi menanggapi keresahan warga

id berita sumut, berita sumut hari ini, berita sumut terkini, berita medan hari ini, dandim 0201/bs patroli pembuangan bangkai babi

Prajurit Kodim 0201/BS menggunakan perahu Landing Craf Rubber (LCR) melakukan patroli pembuangan bangkai babi di aliran sungai Kota Medan. (ANTARA/HO)

Medan (ANTARA) - Komandan Kodim 0201/BS Kolonel Inf Roy Hansen J Sinaga mengatakan patroli dengan menggunakan perahu dilaksanakan, karena menanggapi keresahan warga masyarakat, akibat pembuangan bangkai babi ke Sungai Belawan, Sungai Bedera, dan Danau Siombak.

"Ini adalah kepedulian terhadap masyarakat dan ekosistem lingkungan sungai di wilayah Medan dan Belawan," kata Roy, di Medan, Selasa, usai melaksanakan patroli pembuangan bangkai babi ke aliran Sungai Belawan, Sungai Bedera, dan Danau Siombak Belawan.

Kegiatan tersebut, menurut dia, kelanjutan setelah sebelumnya meninjau dermaga Objek Wisata Danau Siombak dan ditemukan ratusan ekor bangkai babi yang sengaja dibuang akibat terserang virus hog cholera (kolera babi).

"Proses evakuasi dengan menggunakan perahu Landing Craf Rubber (LCR) yang dimulai dari aliran Sungai Sei Sebelawan di Kelurahan Asam Kumbang, Kecamatan Medan Sunggal, Kota Medan," ujar Roy.

Ia mengatakan, proses evakuasi tersebut, untuk menindaklanjuti laporan warga bahwa sejumlah alur sungai di Kota Medan telah dijadikan sebagai lokasi pembuangan bangkai babi yang terinfeksi virus hog cholera.

"Hal ini dilakukan untuk memastikan laporan warga, karena saat ini sejumlah alur sungai yang bermuara ke Danau Siombak, di Kelurahan Paya Pasir, Kecamatan Medan Labuhan, telah dipenuhi bangkai babi," kata mantan Kapendam I Bukit Barisan.

Dalam kegiatan tersebut, hadir Kapolrestabes Medan Kombes Pol Dadang Hartanto, Kadis Lingkungan Hidup Kota Medan Armansyah Lubis, Pasi Intel Kodim 0201/BS Mayor CZI Andre PW, Kasat Sabhara Polrestabes Medan AKBP Sony Wilfried Siregar, para Danramil, Kapolsek, beserta anggota TNI-Polri.

Baca juga: Penjualan ikan di Danau Siombak menurun akibat bangkai babi

Baca juga: 351 ekor bangkai babi di Danau Siombak dikubur massal

Baca juga: Pemprov Sumut tetapkan lokasi penguburan bangkai babi di Siombak

Baca juga: Temuan bangkai babi, polisi selidiki sejumlah peternakan

 

Ratusan bangkai babi cemari Danau Siombak


Pewarta : Munawar Mandailing
Editor: Yuniardi Ferdinand
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar