CSR Jasa Raharja giring Pustaka SMK Labor Pekanbaru juara nasional

id Jasa Raharja Riau

Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (Persero) Riau, Herry Kesuma menyerahkan bantuan CSR perusahaan Rp14 juta kepada Kepala Sekolah SMK Labor Pekanbaru, Drs. Hendripides MSi, yang menggiring Perpustakaan digital M.Zein SMK Labor ini menjadi juara I Perpustakaan nasional tahun 2019. ANTARA/Dokumen

Kota Pekanbaru (ANTARA) - Bantuan PT. Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau sebesar  Rp14 juta untuk pengembangan Perpustakaan digital M.Zein di SMK Labor di Suka Maju Kecamatan Sail, Kota Pekanbaru, Riau  hingga perpustakaan digital itu menjadi juara I nasional.

"Bantuan bina lingkungan bagian dari program CSR BUMN diberikan kepada SMK Labor Pekanbaru  sebagai bentuk perhatian dan kepedulian Jasa Raharja terhadap lingkungan khususnya sekolah dan pendidikan," kata Kepala Cabang PT. Jasa Raharja (persero) Riau, Herry Kesuma di Pekanbaru, Kamis.

Menurut Herry, besaran bantuan diberikan berdasarkan permohonan sekolah dan yang bisa dibantu Jasa Raharja yakni berupa JR corner (pojok baca di perpustakaan, red) yakni sarana untuk edukasi JR atau informasi penting kepada anak-anak didik khususnya SMK Labor Pekanbaru.

JR corner ini, katanya, dilengkapi dengan buku-buku dan berbagai informasi tentang JR serta tersedia barcode yg jika discan "ngelink" ke website dan medsos Jasa Raharja sehingga bersamaan dengan bantuan tersebut ada penilaian dari tim Perpustakaan Nasional yang akhirnya mendorong SMK Labor menjadi juara pertama tingkat nasional untuk di luar Pulau Jawa.
Baca juga: Universitas Muhammadiyah Sumut luncurkan perpustakaan digital
Baca juga: Facebook buka Perpustakaan Literasi Digital untuk pendidikan


"Sebelumnya juara nasional perpustakaan didomiasi sekolah di Pulau Jawa, dan alhamdulillah menurut informasi dari Kepala SMK Labor Pekanbaru, pak Hendri, justru keberadaan JR corner tersebut menjadi penilaian positif dengan angka tertinggi lebih dari poin-poin atau indikator penilaian lainnya," katanya.

Pada kesempatan itu Herry berharap pada pelajar untuk mempertahankan prestasi yang diraih sekolah ini, dan rajin belajar karena yang bisa merubah kita adalah diri sendiri bukan orang lain, guru dan kepala sekolah hanya memberikan bimbingan, arahan dan motivasi.

Sebab, katanya, sekolah labor adalah sekolah yang menciptakan orang-orang yang memiliki skill, punya kompetensi, punya nilai lebih, ketika lulus bisa menjadi orang yang dibanggakan sekolah dan orang tua.

Kepala Sekolah SMK Labor Pekanbaru, Drs. Hendripides MSi mengatakan, keberadaan JR corner di sekolah ini justru sangat diapresiasi tim juri dari Perpustakaan Nasional, karena menjadi satu-satunya sekolah yang sudah ada JR corner, hingga kedekatan pelajar dengan JR corner sehari-hari kini tidak menjadi asing lagi.
Baca juga: 461 taman baca masyarakat Surabaya terintegrasi digital
Baca juga: Perpustakaan Padang Panjang hadir dalam format digital


"Terkait dalam memaksimalkan pustaka sekolah yang meraih juara nasional itu, yang paling sekarang adalah untuk memaksimalkan pemanfaatan perpustakasan, dan hari-harinya kenal JR corner, sebagai bagian yang harus diketahui pelajar apalagi hari-hari mereka berada di jalan raya bergerak di jalan pergi dan pulang dari sekolah berada di jalan," katanya

Untuk tahun 2020, katanya lagi, SMK Labor Pekanbaru fokus pada pengembangan tekhnologi informasi di perpustakaan termasuk memorabilia yakni memo atau catata kearsipan sekolah berupa teksbook, dimana
semua kegitan ada disitu dengan keuntungannya bisa diketahui segera.

Khusus untuk go book (yang meniru sistim gojek itu, red) di pustaka menggunakan pesan aplikasi, dan petugas laskar perpustakaan yang mengantarkan buku pada pelajar yang memesan buku pustaka tersebut, sistim ini berlaku pada saat istirahat sekolah dan pada Sabtu.

SMK ini memiliki pelajar mencapai 621 orang dengan kosentrasi ilmu pendidikan tekhnik komputer jaringan, rekayasa perangkat lunak, akuntansi, sekretaris dan pemasaran didukung oleh 36 guru.

Pertemuan jajaran manajemen Jasa Raharja Pekanbaru, tersebut para pelajar SMK Labor Pekanbaru, juga diisi dengan kegiatan sosialisasi tentang Jasa Raharja dan program-programnya pada pelajar yang disampaikan Kepala Bagian Operasional PT Jasa Raharja (Persero) Cabang Riau, Abdillah.
Baca juga: Kalteng boyong 50 penerbit Yogyakarta meriahkan Book Fair 2019
Baca juga: LIPI catat 382.568 artikel sudah dalam bentuk digital

Pewarta : Frislidia
Editor: Muhammad Yusuf
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar