Akan ada penambahan kedeputian dan akan ara beberapa kementerian lagi masuk ke kita
Jakarta (ANTARA) - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan menyebut karena perubahan nomenklatur, kementeriannya akan mengkoordinasikan sekitar enam hingga tujuh kementerian di bawahnya.

Luhut saat acara penyambutan di Kemenko Maritim Jakarta, Rabu, menyebut akan ada penambahan kedeputian baru di jajaran Kemenko Kemaritiman dan Investasi untuk mengakomodir perubahan nomenklatur.

"Presiden jelaskan seperti yang lalu (sebelumnya), Menko Maritim tambah investasi. Kerjanya luas sekali. Bicara infrastruktur dan lainnya, jadi akan punya area pekerjaan yang lebih luas. Maka harus lebih kompak. Akan ada penambahan kedeputian dan akan ara beberapa kementerian lagi masuk ke kita, sekitar enam, tujuh kementerian (ada) di sini," katanya.

Luhut juga menugaskan Plt Sekretaris Kemenko Maritim Agung Kuswandono untuk segera menyiapkan struktur penambahan kedeputian hingga koordinasi dengan kementerian di bawahnya.

"Nantinya, Menko punya kewenangan mengkoordinasikan, mengendalikan dan memiliki hak veto terhadap kebijakan-kebijakan kementerian yang bertentangan dengan kebijakan yang sudah diambil dalam rapat tingkat Kemenko. Jadi saya pikir peran kita banyak," imbuhnya.

Karena perubahan nomerklatur dengan penambahan sektor investasi, Luhut menambahkan nantinya Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) juga akan ikut berada di bawah koordinasinya. Namun, ia belum menjelaskan hal tersebut lebih jelas, demikian pula soal penambahan kementerian/lembaga di bawah koordinasinya.

"Ya (BKPM di bawah koordinasi kami). Tadi masih dilihat lagi," katanya singkat.

Dalam pengumuman Kabinet Indonesia Maju 2019-2024, Presiden Jokowi menunjuk Luhut Binsar Pandjaitan sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi.

Luhut diminta untuk melakukan terobosan untuk Indonesia sebagai poros maritim dunia, menangani hambatan investasi, dan merealisasikan komitmen investasi besar.



Baca juga: Luhut Pandjaitan, jenderal "super" yang kembali jaga sektor maritim
Baca juga: Luhut diminta Jokowi tangani kemaritiman dan investasi
Baca juga: Peringati Hari Maritim Nasional, Luhut akui belum puas dengan tol laut

Pewarta: Ade irma Junida
Editor: Subagyo
Copyright © ANTARA 2019