Situasi keamanan di Papua pasca-pelantikan Presiden aman terkendali

id papua terkini,polda papua,papua aman

Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw. (ANTARA/HO/Polda Papua)

Jayapura (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw mengatakan, situasi keamanan di Papua  pasca-pelantikan Presiden dan Wakil Presiden aman terkendali.

Namun aparat keamanan masih tetap bersiaga terutama di sejumlah wilayah yang dianggap rawan, kata Irjen Pol Waterpauw kepada ANTARA, di Jayapura, Senin malam.

Mantan Kapolda Sumatera Utara itu mengakui, masih disiagakannya aparat keamanan mengingat di sejumlah wilayah masih terdapat kelompok kriminal bersenjata (KKB) sehingga aparat keamanan yang bertugas di wilayah itu selalu harus siaga.

Hingga kini situasi keamanan di Papua aman dan aktivitas masyarakat berlangsung normal, katanya menegaskan lagi.

Baca juga: Pelantikan presiden, masyarakat dan Pemprov Papua ucapkan selamat

“Walaupun hingga kini aman termasuk di Wamena, namun anggota tetap bersiaga,” aku Waterpauw yang menjabat sebagai Kapolda Papua yang kedua kalinya.

Ketika ditanya tentang kondisi Wamena, Kapolda Papua mengatakan, makin kondusif dan aktivitas masyarakat kembali normal.

Walaupun demikian masih ada masyarakat yang mengungsi akibat tidak lagi memiliki rumah karena musnah dibakar saat kerusuhan berlangsung.

Masih sekitar 500-an orang yang mengungsi di sejumlah lokasi termasuk tempat ibadah dan instalasi militer dan menunggu bantuan pembangunan rumah sementara, kata Irjen Pol Waterpauw.

Baca juga: Tersangka kasus kerusuhan Wamena bertambah menjadi 19 orang, dua DPO

Pewarta : Evarukdijati
Editor: Dewanti Lestari
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar