Wali Kota sambut baik Festival Budaya Aceh di Kota Bogor

id Festival budaya Aceh,Kuliner Aceh,Budaya Sunda

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto (kanan/kemerja putih) tampak berbincang dengan tokoh masyarakat Aceh di Bogor pada Festival Budaya Aceh di Balai Kota Bogor, Sabtu (19/10/2019) (Antaranews/Riza Harahap)

Bogor (ANTARA) - Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto menyambut baik penyelenggaraan Festival Budaya Aceh di halaman kantor Balai Kota Bogor, di Jalan Ir H Juanda, Kota Bogor Sabtu.

Festival Budaya Aceh yang diselenggarakan oleh komunitas masyarakat Aceh di Bogor dan sekitarnya yakni perkumpulan Taman Iskandar Muda (TIM) adalah yang pertama kali diselenggarakan di Kota Bogor.

Pada Festival Budaya Aceh tersebut menampilkan atraksi tari saman, lagu-lagu Aceh, lomba masak makanan Aceh, serta bazzar kuliner Aceh. Puncak acaranya diselenggarakan adalah festival budaya pada Sabtu malam ini.

Wali Kota Bogor Bima Arya Sugiarto pada sambutannya, mengatakan, kegiatan Festival Budaya Aceh ini, menjalin hubungan yang lebih erat antar-kedua daerah serta antara masyarakat Aceh di Bogor dengan masyarakat asli Bogor. "Kegiatan seperti ini dapat mendatangkan keuntungan dan manfaat bagi kedua daerah," katanya.

Bima Arya juga berharap, kalau budaya Aceh sudah ditampilkan di Kota Bogor, pada kesempatan berikutnya budaya Sunda dari Bogor dapat ditampilkan di Kota Banda Aceh. "Dengan adanya kerja sama ini maka kerja sama antara Kota Bogor dan Kota Banda Aceh akan semakin erat," katanya.

Sementara itu, Ketua Panitia Festival Budaya Aceh, Muzakir mengatakan, Festival Budaya Aceh ini diselenggarakan di Kota Bogor tujuannya untuk menghidupkan budaya Aceh di Jawa Barat.

Baca juga: 18 lurah dan camat di Bogor diperintahkan menari Saman

Baca juga: 3 provinsi ikut festival "Khanduri Laot" di Sabang

Baca juga: Jelang pelantikan Jokowi, Polres Bogor penyekatan di perbatasan


Menurut Muzakkir, persiapan penyelenggaraan Festival Budaya Aceh ini waktunya sangat singkat, hanya sekitar dua bulan. "Saya mengucapkan syukur karena festival ini dapat terselenggara dengan baik," katanya.

Sementara itu, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Aceh, Jamaluddin, yang hadir pada Festival Budaya Aceh di Kota Bogor menyatakan, menyambut baik terselenggaranya kegiatan ini. "Kegiatan ini bisa menjadi jembatan bagi masyarakat Aceh yang merantau ke Bogor dan sekitarnya untuk menjalin silaturahmi lebih baik," katanya.

Jamaluddin juga menyatakan terima kasih kepada Pemerintah Kota Bogor yang memberikan kesempatan untuk penyelenggaraan Festival Budaya Aceh di Kota Bogor. "Saya melihat masyarakat Kota Bogor juga menyambutnya dengan antusias. Ini sangat menggembirakan," katanya.

Jamaluddin berharap, kegiatan Festival Budaya Aceh ini menjadi pintu yang membuka kerja sama antara Pemerintah Kota Bogor dengan Pemerintah Kota Banda Aceh maupun Pemerintah Jawa Barat dengan Pemerintah Provinsi Aceh. "Pada kesempatan berikutnya kami akan mengundang Wali Kota Bogor dan jajarannya ke Aceh," katanya.

 

Pewarta : Riza Harahap
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar