Jayapura (ANTARA) - Wakil Uskup Keuskupan Merauke Pastor Hengki Warimop mengajak seluruh masyarakt untuk tetap menjaga kerukunan dan kedamaian di Tanah Papua menjelang pelantikan presiden dan wakil presiden terpilih.

Pastor Hengki Warimop menyampaikan kepada seluruh masyarakat yang ada di wilayah selatan Papua, khususnya kelompok-kelompok umat beragama lebih khusus lagi umat Katolik agar tetap menjaga kerukunan, toleransi dan kedamaian di tanah ini.

Baca juga: Tokoh Papua ajak warga jaga kamtibmas jelang pelantikan presiden

Baca juga: Ketua DPR: Mungkin intelijen benar soal serangan jelang pelantikan

Baca juga: 31.000 personel gabungan siap amankan pelantikan presiden


"Saya mengajak seluruh masyarakat untuk mendukung pelantikan presiden yang tetap kondusif dengan menolak segala isu-isu negatif yang sifatnya provokatif," katanya dalam keterangan tertulis yang diterima ANTARA di Kota Jayapura, Selasa.

Ia juga berharap agar keamanan di negeri ini menjadi tanggung jawab bersama, bukan hanya dari pihak keamanan saja tetapi warga ikut peduli dengan menjaga lingkungan masing-masing.

Terkait dengan paham radikalisme, Pastor Hengki Warimop mengatakan pemahaman radikal dapat dicegah jika ditangani secara bersama-sama oleh tokoh masyarakat serta pihak terkait lainnya.

Ia juga mengecam segala tindakan anarkis yang dilakukan oleh para oknum-oknum saat menyampaikan aspirasi.

"Jangan ada lagi aksi-aksi demonstrasi yang bersifat anarkis atau merusak karena hal itu berdampak bagi semua orang," katanya.

Pewarta: Alfian Rumagit
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019