Lanud Silas Papare pulangkan 488 pengungsi ke Wamena

id lanud Silas papare,kerusuhan wamena,Dan lanud Sils Papare Marsma TNI Tri Bowo

Dan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo. ANTARA/Evarukdijati/pri

Jayapura (ANTARA) - Pangkalan Udara Silas Papare, Sentani hingga saat ini sudah memulangkan kembali sebanyak 488 pengungsi ke Wamena yang sebelumnya para pengungsi tersebut ditampung di sejumlah lokasi penampungan.

Komandan Lanud Silas Papare Marsekal Pertama TNI Tri Bowo Budi Santoso kepada ANTARA, Senin, mengatakan para pengungsi yang kembali ke Wamena itu menggunakan pesawat Hercules TNI AU. 

Hingga hari ini (14/10) tercatat 52 orang pengungsi yang kembali ke Wamena, kata Tri Bowo seraya menambahkan para pengungsi yang kembali ke Wamena itu tercatat diangkut dengan delapan kali penerbangan. Selain memulangkan para pengungsi ke Wamena juga mengangkut bantuan untuk warga.

Baca juga: Lanud Silas Papare kembali terbangkan 104 pengungsi ke Wamena

Baca juga: Lanud Silas Papare kembali berangkatkan 62 pengungsi dari Wamena


“Untuk hari ini tercatat sebanyak 2,8 ton barang-barang bantuan yang diangkut dari Lanud Silas Papare ke Wamena,” kata Marsma TNI Tri Bowo.

Ketika ditanya tentang berapa banyak pengungsi yang diangkut keluar Wamena sejak kerusuhan yang melanda kawasan itu Senin (23/9), dikatakannya tercatat 11.429 orang yang mengungsi keluar Wamena melalui Lanud Silas Papare.

Para pengungsi sempat ditampung di berbagai penampungan yang ada di Kabupaten dan Kota Jayapura termasuk instalasi militer. Dari laporan yang diterima disebutkan sebagian besar pengungsi sudah pulang ke kampung halamannya yang tersebar di berbagai propinsi, kata Marsekal Pertama TNI Tri Bowo.
 

Pewarta : Evarukdijati
Editor: Zita Meirina
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar