Lakers dan Nets akan saling berhadapan dalam pertandingan NBA China di Shanghai yang dimulai malam ini pukul 19:30
Jakarta (ANTARA) - NBA memastikan bahwa pertandingan eksibisi di Shanghai tetap berlangsung, Kamis ini, yang sempat diragukan setelah seorang eksekutif tim NBA memicu pertikaian terkait kebebasan berbicara.

"Lakers dan Nets akan saling berhadapan dalam pertandingan NBA China di Shanghai yang dimulai malam ini pukul 19:30," kata NBA dalam akun media sosialnya di China yang terverifikasi.

Seorang perwakilan NBA juga mengkonfirmasi bahwa pertandingan akan tetap dilaksanakan, dalam pesannya kepada AFP.

Sebelumnya saluran televisi milik pemerintah China, CCTV menangguhkan rencana menyiarkan dua laga pramusim NBA di China sebagai dampak atas cuitan eksekutif NBA yang mendukung para demonstran di Hong Kong.

"Kami percaya bahwa setiap komentar yang menantang kedaulatan nasional dan stabilitas sosial tidak berada dalam ruang lingkup kebebasan berbicara," kata China Central Television (CCTV) pada akun media sosialnya beberapa waktu lalu.

Baca juga: NBA: 'Kami tidak minta maaf ' terkait cuitan soal Hong Kong

"Untuk tujuan ini, Saluran Olahraga CCTV telah memutuskan untuk segera menangguhkan rencana menyiarkan pramusim NBA (China Games) dan akan segera menyelidiki semua kerja sama dan komunikasi yang melibatkan NBA."

NBA menghadapi serangan balasan yang meningkat di China atas cuitan pekan lalu oleh General Manager Houston Rockets Daryl Morey yang menyatakan dukungan untuk para demonstran di daerah semi-otonom Hong Kong yang telah melakukan demonstrasi yang semakin keras menuntut kebebasan yang lebih luas.

NBA menyatakan tidak akan minta maaf atas tindakan Morey tersebut karena cuitan dianggap sebagai kebebasan berpendapat.

Ada dua pertandingan eksibisi NBA tahunan di China, yang tahun ini menampilkan Los Angeles Lakers melawan Brooklyn Nets.

Baca juga: GM Houston Rockets minta maaf soal cuitan protes Hong Kong


Pewarta: Fitri Supratiwi
Editor: Jafar M Sidik
Copyright © ANTARA 2019