Menpar ajak pengusaha hotel dukung pengembangan pariwisata

id hotel di palangka raya, bahalap hotel, menteri pariwisata, arief yahya

Menteri Pariwisata Arief Yahya saat meresmikan Bahalap Hotel Palangka Raya, Selasa (1/10/2019) malam. (foto/ANTARA/Rendhik Andika)

Palangka Raya (ANTARA) - Menteri Pariwisata Arief Yahya mengajak para pengusaha perhotelan turut mendukung pengembangan sektor pariwisata termasuk yang ada di wilayah Provinsi Kalimantan Tengah.

"Pengembangan wisata harus didukung akomodasi yang memadai termasuk kemudahan mendapat akses hotel dan transportasi," kata Arief Yahya di Palangka Raya, Selasa malam.

Menteri Arief juga meminta pengusaha hotel di daerah semakin kreatif dan terlibat langsung dengan pengembangan pariwisata salah satunya dengan turut menciptakan atau mengelola wahana kreatif yang memiliki ciri khas di suatu daerah, semisal wahana wisata susur sungai.

"Selain itu, pengembangan wisata akan sukses jika lokasi objek wisata mudah di akses oleh wisatawan. Sejumlah wilayah di Indonesia sukses mengembangkan wisata karena mudahnya akses. Contohnya seperti objek wisata di Danau Toba yang didukung adanya bandara Internasional," katanya saat membuka acara peresmian Bahalap Hotel Palangka Raya.

Baca juga: Pindah ibu kota, Kalimantan Timur bisa jadi "Bali Baru"

Baca juga: "3 Festivals 1 Destination", cara Sarawak gaet turis

Baca juga: Visit Heart of Borneo jadi momentum kebangkitan pariwisata Kalimantan


Sekda Provinsi Kalimantan Tengah, Fakhrizal Fitri mengatakan Provinsi berjuluk "Bumi Tambun Bungai, Bumi Pancasila" ini sangat strategis untuk investasi perhotelan.

"Hal itu dibuktikan dengan semakin banyaknya perhotelan yang terus tumbuh di berbagai wilayah di Kalimantan Tengah salah satunya di Kota Palangka Raya yakni Hotel Bahalap yang malam ini di resmikan oleh Bapak Menteri Pariwisata Arief Yahya," katanya.

Dia pun mengapresiasi konsep hotel bintang empat yang baru diresmikan itu karena sejumlah sisi bangunan mengadopsi filosofi dan budaya serta seni asli Kalimantan Tengah.

General Manager Bahalap Hotel Palangka Raya, Harry Saptadi menerangkan pihaknya berkomitmen untuk ikut serta membangun dan mengembangkan Kalimantan Tengah khususnya Palangka Raya.

"Ini dibuktikan dengan diaplikasikannya motif-motif Dayak pada bangunan hotel, interior serta ornamen-ornamen hotel. Mengikut sertakan seni dan budaya pada kegiatan keseharian hotel seperti menampilkan karungut kepada para tamu hotel," katanya.

Hotel Bahalap yang mengambil dari bahasa asli Kalimatan Tengah yang artinya cantik atau indah ini dilengkapi dengan berbagai fasilitas seperti ruang pertemuan, kolam renang, spa serta sejumlah fasilitas lain setingkat hotel bintang empat.

Hotel yang terletak di Jalan RTA Milono, Palangka Raya ini dilengkapi dengan 227 kamar mulai dari kelas Deluxe hingga President Suite.

Pewarta : Rendhik Andika
Editor: Ganet Dirgantara
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar