Ternate (ANTARA) -  Anggota TNI-AD Kopda Anumerta Zulkifli A Karim yang gugur dalam melaksanakan tugas pengamanan unjuk rasa anarkis di Kawasan Ekspo Waena Distrik Heram, Jayapura telah dimakamkan secara militer di TPU Desa Talagamori, Kecamatan Oba, Tidore Kepulauan.

Dandim Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina di Ternate, Kamis, menyatakan, almarhum Kopda Anumerta Zulkifli merupakan sosok Prajurit sejati yang pernah menorehkan prestasi bersama Tim Satgas TNI gabungan berhasil melakukan pembebasan sandera di Desa Banti dan Kimbely Distrik Tembagapura Kabupaten Mimika pada 17 november 2017 dan atas prestasi tersebut almarhum diberikan penghargaan Kenaikan Pangkat Luar Biasa (KPLB) dari Pratu ke Praka.

Upacara pemakaman Almarhum itu dipimpin langsung Dandim 1505/Tidore Letkol Inf Yayat Priatna Prihatina dan bertindak selaku komandan upacara Kapten Inf Hamid Buton.

Kegiatan diawali penyerahan jenazah dari pihak keluarga kepada Inspektur upacara kemudian dilakukan solat jenazah di Masjid setempat dan dilanjutkan upacara pemakaman jenazah secara militer.

Baca juga: Kapendam Cenderawasih : Praka Zulkifli adalah patriot pembebas sandera

"Saat ini kita melepas kepergian salah satu putra terbaik Maluku Utara. Untuk itu, mari kita berdoa semoga almarhum mendapatkan tempat terbaik di sisi Allah SWT,” ungkapnya sembari berdoa.

Sejumlah pejabat hadiri Jajar penghormatan saat kedatangan jenazah Kopda Anumerta Zulkifli A Karim NRP 31140395000494 Jabatan Tabakpan 4 Regu 3 Ton 3 Kipan B Yonif RK 751/VJS dilaksanakan di Bandara Sultan Babullah Ternate.

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Kapolda Maluku Utara Brigjen Pol Drs. Suroto, Danrem 152/Babullah Kolonel Inf Endro Satoto, Dansat Brimob Polda Malut Kombes Pol Budi Satrijo, Dandim 1501/Ternate Kolonel Czi Mahfud Ghozali, Para PJU Polda Malut, Dansat/Kabalak Rem 152/Babullah, serta jajaran.

Jenazah yang diangkut menggunakan pesawat komersial tiba di Bandara Sultan Babullah Ternate, sebelum diberangkatkan ke rumah duka dilakukan jajar penghormatan di VIP Room Bandara, Peti Jenazah yang diusung oleh 8 Prajurit dari Yonif RK 732/Banau serta dikawal langsung oleh Danyonif RK 751/Vjs tersebut melewati rangkaian jajar penghormatan dengan langkah perlahan hingga akhirnya dimasukan kedalam ambulance untuk melanjutkan perjalanan ke rumah duka di Desa Talagamori Kecamatan Oba Kota Tidore Kepulauan.

Baca juga: Papua Terkini - Praka Zukipli meninggal akibat ditusuk di Waena
Baca juga: Papua Terkini - Empat warga meninggal pascademo di Jayapura




 

Pewarta: Abdul Fatah
Editor: Masnun
Copyright © ANTARA 2019