Jakarta (ANTARA) - PT Transportasi Jakarta (Transjakarta) menyatakan pihaknya melakukan pengalihan rute bus-busnya akibat adanya keramaian massa di depan Gedung DPR/MPR hingga akhirnya jalur dari Bundaran Senayan sampai dengan Gelora Bung Karno arah JCC ditutup oleh pihak kepolisian.

"Akibat adanya keramaian massa di sekitar Gedung DPR/MPR, akhirnya jalur dari Bundaran Senayan sampai dengan Gelora Bung Karno arah JCC ditutup pihak kepolisian, sehingga beberapa layanan Transjakarta terjadi pengalihan rute," kata Kadiv Sekretaris Korporasi dan Humas PT Transjakarta Nadia Diposanjoyo dalam keterangannya di Jakarta, Rabu.

Adapun rute bus Transjakarta yang dilakukan pengalihan rute antara lain adalah rute T.11 relasi Poris-Bundaran Senayan di mana untuk bus rute ini hanya sampai halte Slipi-Kemanggisan.

"Sehingga halte yang tidak dilalui oleh bus rute ini adalah halte slipi petamburan; halte JCC Senayan; halte GBK dan halte Bundaran Senayan," kata Nadia.

Baca juga: Demo Mahasiswa, TransJakarta hentikan operasional dua rute Palmerah

Selanjutnya, adalah bus rute 3F relasi Kalideres-Gelora Bung Karno, yang untuk sementara tidak melewati Halte Senayan JCC dan Halte Slipi Petamburan dikarenakan adanya massa di sekitar Gedung DPR/MPR

Lalu untuk bus rute 10 H relasi Tanjung Priok-Blok M, dari Tanjung Priok melalui jalur normal. Sedangkan dari Blok M, bus diarahkan via monas, Harmoni, Sawah Besar dan seterusnya sampai dengan Tanjung Priok.

"Untuk rute 10 H, halte yang tidak dilayani adalah Senayan JCC; Slipi Petamburan; Slipi Kemanggisan; RS Harapan Kita; Tomang Mandala; RS Tarakan dan Petojo," katanya.

Kemudian bus rute S 41 relasi Terminal Pondok Cabe-Tanah Abang. Untuk bus arah Tanah Abang, dari Bus Stop TVRI Taman Ria, langsung naik Fly Over Senayan melintas Semanggi lanjut pelayanan di rute yang dilalui bus 1 N sampai dengan halte Jaklingko Tanah Abang.

Adapun tujuan Tanah Abang ke Pondok Cabe, dari Jaklingko Tanah Abang, layanan Transjakarta normal hingga terminal pondok cabe.

Baca juga: Sejumlah halte Transjakarta alami kerusakan pascademo

"Untuk rute bus S 41, halte yang tidak dilalui adalah halte DPR/MPR 1; DPR/MPR 2; RS Bakti Mulia; Sekolah Lamuel; Sekolah Bethel; Jl. Petamburan 3; RS Pelni; Simpang KS Tubun; Masjid An-Nur; Gedung ATC; Museum Tekstil dan JPO Blok G," ucapnya.

Selain itu, pihak Transjakarta menyebutkan sehubungan dengan adanya kegiatan aksi demo pelajar di pintu perlintasan kereta St.Palmerah dan memblokade jalan akses menuju Tosari, Bundaran Senayan, Pasar Kebayoran, beberapa layanan Transjakarta stop beroperasi.

"Yakni rute 1B Stasiun Palmerah-Tosari; rute 1F Stasiun Palmerah-Bundaran Senayan (Via Semanggi dan Senayan City); rute 9E Kebayoran-Grogol serta rute 8C Kebayoran-Tanah Abang," ucap Nadia.

Sementara itu untuk bus rute 4A relasi Grogol-TU Gas, pelayanan sampai halte Bundaran Senayan lalu memutar di Bundaran Senayan, kemudian ambil jalur reguler lalu naik jembatan Semanggi arah Grogol dan masuk tol sebelum halte Senayan JCC dan keluar di Slipi.

"Adapun halte yang tidak terlayani di rute 4A adalah Senayan JCC dan halte Slipi Petamburan. Sementara untuk arah TU Gas, masih melayani seperti biasa," ucap Nadia menambahkan.

Baca juga: Sejumlah rute Transjakarta dialihkan pascademo

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Joko Susilo
Copyright © ANTARA 2019