Kami berharap, siapapun Rektor UI Terpilih kelak adalah pribadi yang terbaik dan telah siap untuk semakin memajukan UI serta bangsa Indonesia
Depok (ANTARA) - Penetapan Rektor terpilih dilakukan melalui proses Rapat Paripurna Majelis Wali Amanat Universitas Indonesia (MWA UI) yang akan dilakukan pada Rabu (25/9) di Ruang Rapat, Makara Art Center, Kampus UI Depok.

Ketua MWA UI Saleh Husin disela-sela acara debat calon rektor UI di Makara Art Center Kampus UI Depok, Selasa mengatakan, proses pemilihan Rektor UI berjalan berdasarkan asas profesional, non-diskriminatif, akuntabel dan transparan.

Baca juga: Komaruddin Hidayat moderatori debat tiga calon rektor

"Kami berharap, siapapun Rektor UI Terpilih kelak adalah pribadi yang terbaik dan telah siap untuk semakin memajukan UI serta bangsa Indonesia," katanya.

Dalam rapat paripurna ini di dalamnya akan membahas dan mengevaluasi hasil debat publik sesuai dengan persyaratan, yang kemudian akan menetapkan rektor terpilih melalui mekanisme musyawarah untuk mencapai mufakat atau pemungutan suara oleh anggota MWA.

Baca juga: UI gelar debat publik tiga calon rektor

Jika mufakat tidak tercapai, MWA melakukan pemungutan suara untuk menetapkan rektor terpilih.

Pemungutan suara dilakukan secara bebas yaitu setiap anggota MWA (kecuali rektor, atau pejabat rektor yang secara ex-officio menjadi anggota MWA) berhak memberikan suaranya tanpa paksaan dan tekanan oleh atau dari siapapun.

Adapun jumlah anggota MWA UI yang berhak untuk memilih berjumlah 15 orang.

Baca juga: Tujuh calon rektor UI periode 2019-2024 lulus tahap lanjutan

Setiap anggota MWA memiliki hak 1 (satu) suara kecuali Menteri Riset, Teknologi dan Pendidikan Tinggi mempunyai 35 persen (tiga puluh lima persen) hak suara dari jumlah seluruh hak suara atau 8 suara.

Rangkaian Debat Publik dilaksanakan pada Rabu (25/9) di Makara Art Center UI kampus Depok. Adapun 3 Besar Calon Rektor UI adalah Prof. Dr. rer. nat. Abd Haris ; Prof. Ari Kuncoro, S.E., M.A., Ph.D ; Prof. Dr. dr. Budi Wiweko, MPH, SpOG(K).

Selain Ketua MWA UI Saleh Husin dan Sekretaris MWA UI Prof. drh. Wiku Adisasmito, MSc. Ph.D. serta Rektor UI Prof. Dr. Ir. Muhammad Anis, M.Met, yang hadir adalah para anggota MWA yang diantaranya merupakan Pejabat Negara Menteri Koordinator bidang Perekonomian RI Darmin Nasution (Anggota MWA UI – Unsur Masyarakat), Menteri Keuangan RI Sri Mulyani Indrawati (Anggota MWA UI – Wakil Dosen).

Mereka akan terlibat di dalam penetapan rektor terpilih melalui musyawarah untuk mencapai mufakat atau pemungutan suara.

Pewarta: Feru Lantara
Editor: Heru Dwi Suryatmojo
Copyright © ANTARA 2019