DPR targetkan RUU Pertanahan disahkan akhir September

id RUU Pertanahan,DPR,KOMISI II

Ketua Komisi II DPR-RI Zainudin Amali (ANTARA Foto)

Jakarta (ANTARA) - Ketua Komisi II DPR RI Zainuddin Amali menargetkan Rancangan Undang-Undang (RUU) tentang Pertanahan disahkan di Rapat Paripurna DPR RI terakhir yaitu 24 September 2019.

"Komisi II DPR akan rapat pengambilan keputusan Tingkat I pada 23 September. Insya Allah dibawa pada Rapat Paripurna terakhir," kata Amali di Kompleks Parlemen, Jakarta, Kamis.

Baca juga: Wapres JK tegaskan RUU pertanahan berpihak pada semua unsur
Baca juga: Pemerintah harap RUU Pertanahan segera disahkan DPR


Dia menjelaskan, Panitia Kerja (RUU) Pertanahan sudah memberikan laporan kepada Komisi II DPR, hasilnya semua fraksi menyatakan setuju dengan isi RUU tersebut.

Namun menurut dia, Komisi II DPR akan menggelar rapat lagi dengan fraksi-fraksi untuk menanyakan apakah masih ada perubahan atau sudah disetujui semua.

"Kalau sudah disetujui, langsung ambil keputusan Tingkat I yang dijadwalkan tanggal 23 September, kalau belum maka akan diperbaiki lagi," ujarnya.

Menurut dia, penyerahan hasil rapat Panja ke Komisi II DPR, semua fraksi menyatakan setuju draf RUU Pertanahan namun sikap resminya ada dalam pandangan mini fraksi yang diagendakan 23 September.

Dia menilai dalam RUU Pertanahan, ada kepastian hukum misalnya tidak boleh ada orang yang mengaku memiliki tanah karena saat ini banyak mafia tanah yang membawa-bawa atas nama masyarakat.

"Dalam RUU Pertanahan yang baru ini sistemnya stelsel positif, kalau yang sekarang kan negatif," katanya.

Baca juga: Kadin Properti kritisi pajak progresif dalam RUU Pertanahan
Baca juga: DPR sosialisasi materi Panja RUU Pertanahan

Pewarta : Imam Budilaksono
Editor: Tasrief Tarmizi
COPYRIGHT © ANTARA 2019

Komentar