Karanganyar (ANTARA) - Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto berziarah ke makam Presiden kedua RI Soeharto di Astana Giribangun Metesih Kabupaten Kranganyar, dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI, Kamis.

Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto yang didampingi para petinggi TNI, antara lain Kepala Staf TNI Angkatan Udara (KSAU) Marsekal TNI Yuyu Sutisna, Kepala Staf TNI Angkatan Laut (KSAL) Laksamana Siwi Sukma Aji, Panglima Komando Cadangan Strategis Angkatan Darat (Pangkostrad) Letnan Jenderal TNI Besar Harto Karyawan, KSAD diwakili oleh Aster KSAD Mayjen TNI Bakti Agus Fajari, Kapolda Jateng Irjen Pol Rycko Amelza Dahniel, Pangdam IV/Doponegoro Mayjen TNI Mochammad Effendi, dan bersama jajarannya.

Baca juga: Panglima ziarah makam Bung Karno dan Gus Dur jelang HUT TNI

Panglima setibanya di Makam Astana Giribangun langsung memimpin upacara ziarah yang diawali dengan memberikan karangan bunga di ruangan makam Soeharto dan Ibu Tien Soeharto. Acara dilanjutkan memberikan penghormatan dan doa bersama.

Pada acara ziarah ke makam Presiden kedua RI Soeharto diakhiri dengan tabur bunga yang diawali oleh Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto kemudian diikuti para petinggi TNI dan kemudian para istri petinggi TNI yang ikut bersama rombongan.

Menurut Kepala Penerangan Korem 074 Warastratama Mayor Inf Mantang kegiatan Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto bersama para petinggi TNI di makam Presiden kedua RI Soeharto dalam rangka peringatan HUT ke-74 TNI.

Selain itu, kegiatan ziarah ini, untuk mengenang Soeharto sebagai Presiden kedua RI. Kegiatan ziarah oleh Panglima Hadi Tjahtjanto merupakan yang ketiga, setelah sebelumnya dilaksanakan di makam Presiden pertama Soekarno di Blitar, Presiden keempat KH Abdurrahman Wahid (Gus Dur) di Jombang Jatim, kemudian ke Giribangun Karanganyar ini.

Panglima bersama petinggai TNI setelah ini langsung menuju Taman Makam Pahlawan Nasional Kusuma Negara Yogyakarta atau tempat makam Jenderal Besar Soedirman.

Kegiatan ziarah ke makam para tokoh bangsa ini, sudah dilaksanakan sejak kepemimpinan Panglima TNI Jenderal Gatot Nurmantyo, dan kini Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto, melaksanakan sudah yang kedua kalinya. Hal ini, sudah menjadi tradisi dalam rangka HUT TNI. 
 

Pewarta: Bambang Dwi Marwoto
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019