Jakarta (ANTARA) - Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Provinsi DKI Jakarta menggandeng Traveloka ​untuk mempermudah akses wisatawan mendapatkan informasi dan akomodasi.

"Hari ini kami pastikan dan luncurkan kerja sama dengan Traveloka karena pengunjung web dinas kan ada orang luar negeri juga. Dengan kerja sama ini diharapkan kebutuhan informasi dan akomodasi wisatawan bisa terpenuhi," kata Kepala Bidang Destinasi dan Pemasaran Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) DKI Jakarta Hari Wibowo di Jakarta, Selasa.

Selama ini pengunjung laman web jakarta-tourism.go.id mendapatkan informasi mengenai event atau acara yang ada di Jakarta, namun tidak mendapatkan informasi harus menginap dimana dan membayar berapa untuk itu.

"Mereka akan buka web lain untuk cari hotel di Jakarta, paket wisata di Jakarta. Dan dengan ini jadi compact, jadi satu pintu, jadi orang buka web dinas udah tau nginap di mana," kata Hari.

Baca juga: Disparbud DKI akan studi pemugaran cagar budaya ke Melaka
Baca juga: Disparbud DKI target 2,9 juta wisatawan mancanegara


Kerja sama dengan Traveloka ini dilakukan karena selain minat serta perusahaan itu secara perangkat keras dan perangkat lunak sudah siap. Mereka juga memiliki kepedulian tinggi pada pariwisata Indonesia termasuk Jakarta.

"Kayak kemarin HUT Jakarta, HUT RI dikasih diskon experience berupa potongan harga 49,2 persen ini yang buat menarik. Kerja sama ini dicoba selama setahun ke depan dengan harapan bisa berkesinambungan, sepanjang saling menguntungkan kedua belah pihak," kata Hari.

Adapun pihak Traveloka mengatakan kerja sama dengan Disparbud DKI Jakarta merupakan kebanggaan tersendiri bagi Traveloka mengingat markas besar mereka yang berada di Jakarta.

Kerja sama ini, kata Direktur Hubungan Masyarakat Traveloka Group, Sufintri Rahayu,
 dapat menguntungkan bagi wisatawan. Terlebih yang dari mancanegara dengan kemudahan akses yang ditawarkan.

Baca juga: DKI kembali gencarkan gerakan "Gebrak Museum"
Baca juga: Bus tingkat DKI ditargetkan 3.000 penumpang per hari


"Tentunya buat saya sebagai traveler, yang biasanya setiap berkunjung ke berbagai negara saya jika ingin cari informasi melakukannya di web Dinas Pariwisata setempat apa yang ada, apa yang menarik di sana," katanya. 

"Jadi buat saya web Disparbud DKI ini adalah solid site yang harusnya jadi referensi pariwisata dan kami akan terus support," kata Sufintri.

Ke depannya, kata dia, banyak yang harus mereka lakukan bersama mengingat adanya persamaan visi-misi untuk memajukan pariwisata Indonesia.

"Ke depan kita tentunya berharap semua fitur Traveloka bisa diakses di sini, kita bisa bantu Disparbud untuk berikan aksesibilitas pada produk Traveloka sehingga memudahkan wisatawan luar negeri," katanya.

Pewarta: Ricky Prayoga
Editor: Sri Muryono
Copyright © ANTARA 2019