Dinas Kesehatan setempat mohon diperhatikan untuk menyiapkan serum antirabies
Jakarta (ANTARA) - Dokter spesialis anak Tubagus Rahmat Sentika meminta masyarakat untuk mewaspadai penyebaran rabies melalui gigitan anjing saat terjadi kabut asap akibat karhutla (kebakaran hutan dan lahan).

"Saat kabut asap perlu diwaspadai penyebaran rabies melalui gigitan anjing. Banyak kebun sawit yang dijaga anjing dan saat kabut asap, kepanasan mungkin hingga masuk ke kampung-kampung dan menggigit warga," ujar dia di Jakarta, Selasa.

Rahmat menambahkan hal itu pernah dialaminya, saat terlibat di dalam penanganan kebakaran lahan sawit di Bengkulu, Jambi, hingga Riau. Masyarakat yang berada di sekitar perkebunan perlu mewaspadai gigitan anjing.

"Jadi tolong diperhatikan selain infeksi saluran pernapasan akut (ISPA), yang perlu diwaspadai adalah rabies terutama yang berada tak jauh dari perkebunan sawit. Di Pekanbaru, Kampar, Pelalawan banyak perkebunan sawit," kata dia.

Baca juga: Dinkes diminta siaga untuk layani masyarakat terdampak asap karhutla

Oleh karena itu, Rahmat meminta masyarakat untuk mewaspadai gigitan anjing karena dikhawatirkan meningkat menjadi rabies.

Ia menyebut pada 2015 kasus gigitan anjing mencapai 800 kasus.

"Hati-hati yang rabies. Dinas Kesehatan setempat mohon diperhatikan untuk menyiapkan serum antirabies," ujar dia.

Serum antirabies harganya cukup mahal dan waktu keduluwarsanya pendek. Biasanya hanya ada 10 hingga 20 serum antirabies. Dinas Kesehatan kabupaten/kota perlu mempersiapkan serum itu karena biasanya kasus rabies meningkat saat kabut asap karhutla.

Bahkan, katanya, kasus rabies juga pernah terjadi di Kalimantan Tengah.

Saat itu, Rahmat menjadi Ketua Komite Nasional Penanggulangan Zoonosis (Komzon), dan meminta bantuan polisi untuk melakukan operasi pengendalian rabies.

"Untuk itu, harus diwaspadai karena ada ratusan hektare lahan yang terbakar," kata dia.

Baca juga: Warga Pekanbaru menderita berbagai penyakit akibat kabut asap
Baca juga: KRI Soeharso terima pasien kabut asap

Pewarta: Indriani
Editor: M. Hari Atmoko
Copyright © ANTARA 2019