Orang dari Dili tidak saja menggunakan angkutan darat maupun udara apabila ke NTT tetapi bisa menggunakan jalur laut melalui pelabuhan Internasional Maritaing
Kupang (ANTARA) - Pemerintah Nusa Tenggara Timur optimistis tren perdagangan dari NTT ke Timor Leste mengalami pertumbuhan yang signifikan apabila transportasi laut dari Maritaing, Kabupaten Alor menuju Dili mulai dilakukan pada 2020.

"Pemerintah NTT optimistis aktifitas perdagangan berkembang dengan pesat karena pelabuhan Maritaing di Alor menjadi pelabuhan laut Internasional sebagai pintu keluar masuk ke Dili, Timor Leste," kata Kepala Biro Humas dan Protokol Setda Provinsi Nusa Tenggara Timur, Marius A Jelamu di Kupang, Minggu.

Marius mengatakan hal itu terkait pembangunan sektor perhubungan Laut dalam meningkatkan perdagangan internasional ke negara Timor Leste dengan adanya pembangunan pelabuhan internasional Maritaing.

Baca juga: Pelabuhan internasional Maritaing mulai dibangun awal 2020

Ia mengatakan setelah pelabuhan Laut Internasional Maritaing beroperasi pada tahun 2020 maka arus barang dan penumpang dari NTT ke Dili, Timor Leste semakin dinamis.

"Orang dari Dili tidak saja menggunakan angkutan darat maupun udara apabila ke NTT tetapi bisa menggunakan jalur laut melalui pelabuhan Internasional Maritaing," kata Marianus.

Dikatakannya, pemerintah Pusat masih kebut untuk membangun berbagai fasilitas pendukung di pelabuhan Maritaing, Kabupaten Alor guna mendukung kegiatan bongkar muat barang dan penumpang di pelabuhan laut internasional yang menghubungan NTT dengan Dili. 

Baca juga: ASDP: Pembukaan rute Maritaing-Dili menunggu perbaikan jembatan
Baca juga: Untuk pelabuhan internasional Maritaing, warga hibahkan lahan 10 ha

Pewarta: Benediktus Sridin Sulu Jahang
Editor: Ahmad Wijaya
Copyright © ANTARA 2019