sedekah bumi ini merupakan salah satu tradisi dan warisan kebudayaan warga setempat yang senantiasa dijaga serta dilestarikan sejak tahun 1917 silam...
Cikarang, Bekasi (ANTARA) - Warga Desa Hegarmukti, Kecamatan Cikarang Pusat menggelar sedekah bumi di Situ Rawa Binong, Kabupaten Bekasi, Jawa Barat sebagai bentuk rasa syukur atas limpahan rezeki yang mereka dapatkan.

Kepala Desa Hegarmukti, Ajo Subarjo di Situ Rawa Binong, Minggu mengatakan sedekah bumi ini merupakan salah satu tradisi dan warisan kebudayaan warga setempat yang senantiasa dijaga serta dilestarikan sejak tahun 1917 silam.

"Seperti tahun-tahun sebelumnya, pada bulan Muharam warga Desa Hegarmukti selalu menggelar acara sedekah bumi di Situ Rawa Binong. Acara ini merupakan salah satu tradisi, warisan kebudayaan khas daerah kami yang selalu dijaga dan dilestarikan. Sedekah bumi merupakan wujud rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahruahkan rezekinya kepada kita semua," kata Ajo.

Tak hanya mengandalkan tradisi sedekah bumi, di tahun 2019 ini pihaknya juga mulai melirik potensi pariwisata yang bisa dikembangkan di Situ Rawa Binong. Hal itu ditandai dengan penandatanganan prasasti objek wisata Situ Rawa Binong oleh Bupati Bekasi, Eka Supria Atmaja.

"Di tahun ini tradisi sedekah bumi memang agak berbeda karena kami memang merasa perlu memperkenalkan potensi wisata yang ada di wilayah kami sekaligus mewujudkan kesiapan dan keseriusan kami. Apalagi Bupati Bekasi juga telah mendorong agar Situ Rawa Binong dapat dijadikan sebagai salah satu ikon pariwisata Kabupaten Bekasi," ungkapnya.

"Hal ini tentu menjadi motivasi masyarakat agar lebih baik lagi untuk menjaga, memelihara, dan menatap potensi wisata di Situ Rawa Binong sehingga bisa memberikan dampak perekonomian yang signifikan bagi perekonomian warga," katanya lagi.

Sedekah bumi tahun ini menjadi salah satu rangkaian kegiatan Festival Budaya Rawa Binong. Selain tradisi sedekah bumi, acara yang digelar selama tiga hari dari tanggal 14-16 September 2019 ini juga diisi dengan beragam kegiatan lain seperti Bumdes Expo, lomba rampak gendang, lomba ibing pencug, wayang golek, karnaval busana adat, musik etnik, fun bike, bazar produk unggulan Kabupaten Bekasi, serta lomba fotografi wisata budaya.

"Ke depan generasi muda Hegarmukti juga akan kami genjot untuk turut menyumbangkan aspirasi dan kemampuannya dalam membangun pariwisata di Situ Rawa Binong," kata Ajo.

Selain Bupati Bekasi, acara ini juga dihadiri perwakilan dari Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Provinsi Jawa Barat, Kepala Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa Kabupaten Bekasi, Camat Cikarang Pusat, Kapolsek Cikarang Pusat, Ketua Bumdesa Hegarmukti Lestari, serta ribuan masyarakat Kabupaten Bekasi.

Pewarta: Pradita Kurniawan Syah
Editor: Triono Subagyo
Copyright © ANTARA 2019