Rekan-rekan bisa lihat saat ini kondisi sudah sangat pulih. Rekan-rekan bisa melewati Entrop, lewati Jayapura Selatan atau di mana saja orang-orang yang asli dan orang-orang pendatang semua seperti tidak terjadi apa-apa."
Manokwari (ANTARA) - Kapolda Papua Irjen Pol Rudolf A. Rodja memastikan keadaan di Jayapura sudah kembali kondusif pascarusuh yang terjadi pada 29 Agustus 2019 lalu.

"Baik dari Sentani maupun di Kota Jayapura. Masyarakat sudah melaksanakan aktivitas seperti biasa, seperti tidak pernah terjadi sesuatu. Artinya, situasi secara umum untuk Papua dan sekitarnya semuanya sudah kondusif," kata Irjen Rudolf melalui siaran pers, Kamis.

Baca juga: Pengurus ULMWP dan KNPB ditangkap

Baca juga: Polri: Kehadiran puluhan SSK di Papua untuk beri jaminan keamanan

Baca juga: Papua Terkini- 18 SSK Brimob masih bersiaga di Papua Barat

Baca juga: Polri tidak tarik personel BKO di Papua sampai Desember


Ia menyebut kini masyarakat sudah mulai melaksanakan aktivitas seperti biasa.

Meski demikian, aparat kepolisian masih terus berjaga di sejumlah wilayah Papua. Sebanyak 4.000 personel kepolisian dikerahkan hingga dipastikan tidak lagi terjadi demo anarkis.

"Empat ribu lebih yang ada di Papua dengan mengedepankan kemampuan penanggulangan huru-hara. Jadi mereka ke sini membawa tameng, membawa gas air mata untuk memberikan rasa aman kepada masyarakat Papua ini," kata Rudolf.

"Rekan-rekan bisa lihat saat ini kondisi sudah sangat pulih. Rekan-rekan bisa melewati Entrop, lewati Jayapura Selatan atau di mana saja orang-orang yang asli dan orang-orang pendatang semua seperti tidak terjadi apa-apa," kata Rudolf.

Pewarta: Anita Permata Dewi
Editor: Kunto Wibisono
Copyright © ANTARA 2019